berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, May 19, 2011

10 Detik Menghilangkan Stres


Sebagai perempuan bekerja yang harus mengejar target atau deadline, stres mudah datang kapan saja. Saat Anda menghadapi evaluasi dari owner perusahaan tempat Anda bekerja, ataupun harus presentasi pertama kali di depan dewan direksi, begitu banyak hal yang dapat membuat Anda gugup dan penuh tekanan. Jika Anda tidak dapat mengatasinya, Anda bisa stres dan semua yang telah Anda rencanakan menjadi berantakan.

Lalu harus bagaimana? Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi stres. Ada cara cepat dan mudah untuk membuat Anda tetap tenang di dunia yang penuh 'kejutan' ini. Masing–masing cara ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik.

Posisi Yoga

Ketika stres, tubuh akan kaku dan nafas menjadi sulit. Karena itu, satukan kedua tangan seperti jika Anda ingin berdoa di belakang. Tarik kedua bahu dan kepala Anda ke belakang, lalu tarik nafas yang dalam.
Streching – streching
Buat Anda yang lebih banyak duduk, tegakkan tubuh Anda di kursi. Angkat kaki kanan dan letakkan pergelangan kaki kanan Anda pada lutut kiri Anda. Condongkan tubuh Anda ke depan dan tarik sejauh yang Anda bisa. Lakukan secara bergantian dengan kaki kiri Anda. Gerakan ini akan membuat otot pinggul lebih rileks.
Go Nuts!
Mengemil adalah salah satu cara untuk mengurangi stres. Tapi agar aktivitas ini tidak menambah stress baru untuk Anda karena berat badan jadi naik, ganti cemilan ‘gorengan’ menjadi kacang-kacangan saja. Kacang memiliki kandungan tryptophan dan magnesium yang tinggi. Dua kandungan ini sangat berguna untuk memproduksi serotonin, hormon yang dapat memberikan rasa tenang sehingga stres teratasi.
Mengelus telinga
Tidak hanya Ciko, golden retriever peliharaan Anda yang suka digaruk kupingnya. Aktivitas ini juga berlaku untuk manusia. Menurut Ayuverda, ajaran kehidupan dari India yang telah ada sejak 5.000 tahun lalu, di telinga terdapat titik-titik marma – semacan titik syaraf seperti di akupuntur- yang memiliki hubungan dengan bagian tubuh lain. Caranya: cukup garuk lingkaran pada daun telinga Anda, masing-masing dengan tangan kanan dan kiri saat Anda stres.
Aromaterapi
Aromaterapi memiliki efek yang menenangkan dan dapat membuat Anda rileks. Aromaterapi yang bisa Anda manfaatkan adalah lavender, lemon balm, chamomile dan geranium. Caranya: Ambil bola kapas, dan tetesi dengan aromaterapi. Taruh di tempat strategis yang ada aliran angin. Setiap kali angin berhembus. Aromaterapi akan tercium ke seluruh ruangan dan membuat Anda lebih rileks.
Vitamin C
Tak salah lagi. Selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh, para peneliti di Universitas Alabama juga mengatakan vitamin C juga dapat mengurangi hormone stres dalam darah. Penelitian tersebut menyarankan dosis 1.000 mg vitamin C.

Tertawa terbahak – bahak
Menurut sebuah penelitian di Universitas California, tertawa terbahak-bahak meningkatkan produksi hormon anti stres yang dapat bertahan hingga 24 jam. Tidak perlu harus mencela orang lain untuk bisa tertawa terbahak-bahak, Anda bisa menstimulasi tawa Anda dengan membaca komik lucu, membaca joke of the day, atau berkaca dengan mimik aneh sampai Anda merasa geli sendiri.
Be in the moment
Fokus pada apa yang Anda hadapi hari ini, dan gunakan seluruh indera Anda untuk berhubungan dengan lingkungan Anda. Jay Winner, M.D., pengarang buku Take the Stress Out of Your Life memberi contoh saat Anda makan siang, hirup aroma dan rasakan masakan tersebut di mulut Anda selama 10 detik. ”Ambil 10 detik itu dan biarkan sensasi masakan tersebut masuk dalam pikiran Anda,” saran Dr. Jay. Contoh lain yang disarankan adalah berjalan tanpa alas kaki di tanah dan rasakan ketika telapak kaki Anda menyentuh bumi.

cara - cara menghilangkan stress, lain:
Sebagai manusia kita tidak luput dari masalah. Tapi karena masalah itulah kita bisa menjadi stress. Berikut adalah adalah beberapa cara bwat menghilangkan stress :
1. Latihan pernafasan
Stel lagu slow, pejamkan mata sambil tarik nafas dalam - dalam dan tahan beberapa detik lalu keluarkan Teperlahan. Ulangi beberapa kali sambil membayangkan hal indah.
2. Tersenyum
Dengan tersenyum, perasaan kita jadi lebih lega. Otot - otot wajah akan tertarik dan menahan pusat emosi, pikiran akan lebih tenang. Jadi dari pada cemberut mendingan sering - sering aja senyum. tapi ingat harus seperlunya aja yaa. Nti kalo kebanyakan ntar disangka gila lagi.
3. Tumpahin di kertas
Menuangkan segala unek - unek yang bikin sumpek di kertas cukup manjur. Dengan itu kamu bisa tahu masalah apa yang kamu hadapi dan langkah - langkah apa yang harus diambil.
4. Hirup wewangian
Dengan menghirup aromatherapy seperti lavender, rose, jasmine dan peppermint akan membuat perasaan lebih tenang. Sebab aroma tersebut memberi rangsangan pada otak yang tegang menjadi rileks.
5. Rendam di air hangat
Para ahli mengatakan dengan berendam di air hangat adalah cara terbaik meredakan stress dan membuka pori - pori tubuh yang tersumbat.
6. Dengerin musik
Musik bisa membuat kita lebih santai dan mengalihkan pikiran. Putarlah musik yang sesuai dengan mood hati kamu.

7. Curhat
Salah satu obat manjur yang perlu diikuti adalah curhat. ini akan membuat hati kamu lega dan tenang. Siapa tau aja teman curhat kamu bisa mencari jalan keluarnya.
8. Pijat
Pemijatan akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Sehingga otak kita bisa dengan jernih dan bijak dapat memutuskan masalah dengan baik.
9. Olahraga
Biasanya stress bersembunyi di dalam jaringan otot. Peregangan dan pengenduran otot dapat membebaskan diri dari stress. Dengan berolahraga, kita dapat mengendurkan otot dan syaraf yang tegang karena stress. Jadi sering - seringlah olahraga. Selain dapat menghilangkan stress, olahraga juga dapat membuat badan kita sehat.
10. Berdo'a
Dengan berdo'a, hati dan jiwa kita bisa lebih tenang dalam menghadapi persoalan. Karena semua persoalan ada jalan keluarnya, dan Tuhanlah yang menentukan jalan tersebut.

Selamat mencoba.......

sumber
http://profiles.friendster.com/komunitastionghoa
http://www.forumtionghoaindonesia.myforumportal.com/forum/
http://asia.groups.yahoo.com/group/KOMUNITAS_TIONGHOA_INDONESIA/

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?