berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Wednesday, April 3, 2013

Kalian Sungguh Ruarrrr Biasaaa - Gunung Ungaran - Semarang - JaTeng


Maret. Di penghujung bulan maret ini sangat berkesan bagi gw, dan tak akan terlupakan oleh ingatan. Sedikitpun. Tak akan gw lupakan.

sepertinya bukan hanya ingatan gw aja, ingatan semua pihak yang terlibat dalam cerita ini :')

Kali ini gw bukan ngebahas soal CINTA, KKN, KULIAH, ataupun DIA. Tapi, kali ini gw pengen berbagi pengalaman untuk yang ke-3 kalinya gw muncak ke gunung ungaran bersama haliasterian. Dan tiap kali gw muncak selalu ada cerita yang “berbeda” di dalamnya. Dan muncak yang ketiga kalinya ini sumpah ga pake boong ruarrr biasaaa banget. Kenapa?

Yuuuk disimak baik-baik........


Dua minggu sebelum tanggal 30 maret gw udah dikabarin sama anak haliaster kk ndut mutia and samsul mereka mau survey diksar (seperti biasa). buat tanggal pastinya mereka belum kasih kabar kepastian, setelah beberapa hari gw senyam-senyum udah ngebayangin muncak ungaran sambil mikir 

“puncak ungaran...... gw datang!!” 


tau kah kalian, gw udah dua kali ke gunung ungaran, tapi belum pernah sampe puncak =____=” nah tekad gw bulet buat survey besok mau ikut. Bulet pokonya. 

Mendekati hari keberangkatan banyak hal yang membuat dilema (awalnya). Dari masalah kantong gw yang belom gajian, belom berani ijin sama orangtua, si kk ndut mutia ga boleh ikut sama sang kekasih, and cuaca yang labil banget kaya anak ABG jaman sekarang. 
Setelah beberapa hal sudah bisa gw kendalikan, seperti uang sudah terkumpul, ijin orangtua (OK), ya kecuali si kk ndut yang fix ga bisa ikut. Ada beberapa kali si samsul (ketua haliaster periode ini) ngeyakinin gw buat ikut survey, dan gw tetep YAKIN 100% mau ikut. 
H-2 keberangkatan ke ungaran, gw sms wanda sang kekasih kk ndut buat ngelobi biar diijinin ikut, tapi alhasil nihil. Kk ndut tetep kaga boleh ikut muncak. ok fix gw yakin tetep mau berangkat. Kenapa? Karena pas gw tanya sama si samsul (biasa dipanggil sam) yang ikut siapa aja itu ya lumayan banyak dan yang bakalan ikut emang udah biasa muncak, jadi dalam diri gw udah yakin banget tetep ikut survey walaupun tanpa kk ndut. dan si wanda sampe ngeyakinin gw juga sekali lagi kalo tia ga ikut muncak apakah gw bakal tetep muncak? tapi ya berhubung tekad gw udah dari survey jaman taun lalu mau muncak (tapi belum kesampean) ya tetep deh, wajib berangkat. Dan si wanda ngebawain perbekalan tambahan buat di perjalanan kita, lumayan banget buat jaga-jaga kalo aus ato laper di tengah hutan. 
Yang ikut itu ada sam, imam, bang candra, maspur, alam, dan gw (non hali). Dan 4 orang hali itu gw yakin banget mereka OK dah, ga usah diragukan lagi. 
H-1 itu hari jum’at, gw abis bergadang seperti biasa dan bangun siang. Padahal hari ini itu banyak banget orang yang pengin nemuin gw, hoho. Dari si wanda yang pagi-pagi nganter perbekalan yang akhirnya dititipin ke kiki. Yanto yang anter helm. Amel and bu yul yang anter uang pagi-pagi plus KTM buat daftar toefl, yang di titip sama fitri and rara. Dan rudi juga ngehubungin gw heboh telp berkali kali buat ngasih duit n KTM. Panji juga hebring dengan tujuan yang sama. Sampe HP gw di buku-buku itu heboh sendiri dan akhirnya gw keganggu sama suara 

“udah malem ikan bobo,,,,,” and “to the left to the left nya beyonce” 

dan simpulannya gw silent tu HP dan gw lanjut tidur. Sumpah itu masih pagi banget mereka udah pada heboh. Dan gw juga baru tidur jam 5 pagi tadi. Ya maap kalo ga gw respon pagi itu. tidur adalah hal sakral bagi gw, ga boleh ada yang mengganggu jadwal gw tidur :P
Setelah sadar gw mandi, makan dan melanjutkan aktivitas seperti biasa, dan jum’at ini tanggal merah, jadi libur, waktunya rapih-rapih dan packing buat muncak besok. Setelah me-list beberapa keperluan yang untuk dibawa besok pagi sambil buka tutup lemari, yakali ada yang kurang. 
Dari makanan, obat2an, ngecas lampu emergency, baju ganti, alat mandi, alat solat, plastik, korek, gunting, cadangan makanan, sampe duit, pokonya udah OK semua.
Malam sebelum berangkat gw disms maspur ngingetin perlengkapan yang mesti dibawa buat besok muncak, sama jam 6 pagi mesti udah siap buat berangkat.  gw sms sam juga, sekedar mastiin aja. sam bilang OK and 

“jangan lupa di packing basah ya mba”. 

OK bongkar ransel dan masukin semua barang2 kedalem plastik ukuran tas. Fix jam 8 pm gw udah siap buat tidur. Hehe. agak lebay emang, tapi ya gimana lagi, kalo udah jam 10 ato jam 11 bakalan melotot sampe pagi ini mata. Dan tidurlah gw dengan damai.
Dan hari ini adalah saat yang gw tunggu-tunggu. 

Muncak ungaran !!!
Eh jam 3 pagi gw kebangun, ya berhubung gw udah bangun, nanggung lah ya nunggu subuh trus tidur lagi. Hehe. jam 5.15 udah di miskol sama bang candra and maspur suruh bangun. Guling gulingan di kasur trus gw mandi sambil senyum-senyum. Sambil berdoa 

“semoga puncak ungaran berjodoh sama gw” #aamiin. 
Trus pagi-pagi sekitar jam 6 si imam telp gw buat minjem ransel, katanya ransel dia pada lagi di londri-an smua, jadi ga punya tas. Yaudin deh gw suruh ambil di kostan gw tu pagi-pagi. Pas imam mau balik ke kostan lagi gw telp si sam, eh dengan terkejut gw sama imam pas si sam bilang ga bisa ikut dan lagi ga enak badan. Hemmmm sam bercanda =_____=” trus gw sama imam galau berdua di depan kostan. Kalo sam ga ikut berarti cowo minus satu dan jumlah kita jadi ganjil, ketambahan kekurangan motor juga. Akhirnya gw sama imam ke kost bang candra. Niatnya mah menghilangkan kegalauan, eh tapi jadi berbagi kegalauan. Hehe. di kost bang candra gw langsung naik kasur trus cerita bla bla bla. Yaudin kita tetep berangkat tanpa sam. 
Gw dianter balik sama si imam ke kost lagi. Dan ambil barang bawaan buat ditaro di kost imam, sambil sarapan. Sebelum sarapan ke atas, ke kamar imam dulu buat packing barang2 dia. Eh dikamar ada si sindu juga. Trus sambil ngobrol2 si imam ngajak si sindu ikut. Awalnya ga mau ikut si sindu, tapi setelah pikir panjang sindu ikut. Horeee. Setelah imam siap dengan semua perlengkapannya kita sarapan, dan melewati lorong2 kamar cowo2 disana, hemmmm si imam ini suka bercanda emang =__=” 
Sarapan kali ini di warung kost si imam. Pake rawon sama krupuk plus pisang. Hehe. sarapan yang sangat mengenyangkan dan menyenangkan. Itu udah siang padahal, jam 7 dan kita masih belum berangkat.
Jam 7.30 si maspur nyampe di kost imam. Gw sama imam buru2 nyelesaiin makan, si sindu balik kostan buat packing barang2 dia. Trus ga lama candra dateng. Beberapa menit kemudian si alam dateng juga. Ok personil lengkap. 
Eh berhubung tiap anak pada bawa tas masing2, jadi si abang ngulang packingan yang kita bawa semua biar ringkes. Awalnya ada banyak tas, jadi 2 carrier 3 ransel kecil, satu tas kamera, sama SB army. 
Bla bla bla kebanyakan ngobrol a i u e o, dan jam 9 kita baru berangkat dari tembalang menuju ungaran. 
Jam 10 sampe di pintu masuk mau ke ungaran buat pendataan sama bayar masuk. Nah disitu juga kelamaan, malah ngobrol sama poto2 juga. Hemmm.
sindu, bg candra, gw, maspur, alam



imam, bg candra, gw, maspur, alam





lagi hobi pose kacak pinggang =D

Jam 10.30 sampe di medini di rumah pa min. Istirahat, pake anti nyamuk, sambil cuap-cuap (lagi). Jam 11.30 fix muncak. 
Posisi awal yang bawa carrier itu si abang sama imam. alam, sindu, maspur ransel kecil. Gw bawa kamera and SB. Dan itu muter gantian bawanya. Yang enak ya kita yang cewe berdua, Cuma gantian bawa ransel yang isinya enteng sama tas kamera. Hehe. kalian berempat emang ruarrr biasaaa kuat lah ya, bawa tas yang beratnya hemmm kayanya separo badan gw. Hoho. Sayang sama kalian dah :*

Jalan.... dan terus jalan......
Terdengarlah suara ajan dzuhur dari kejauhan. Trus kata si alam ntar kita solat di batu besar aja. Ok itu masih lumayan jauh deh ya. Melewati jalan yang berliku dan naik turun. Sambil makanin buah arbei, yang si sindu agak katro rebutan sama gw and maspur. Jadi kelamaan berenti di tengah jalan buat metikin buah arbei. 


Ketemu batu besar, trus ngaso dulu di batu besar, sambil makan roti coklat. Ga lama kemudian kita ambil wudhu di air sungai. Berrrrrr seger banget sumpah deh kaga boong. Berhubung batunya miring pake banget ya walaupun bisa buat selonjoran, tapi kalo buat solat ngeri jatoh juga sih. Solatnya gantian satu-satu (padahal kita ber-enam), bisa di waktukan berapa lama kita berhenti di batu itu, ketambahan foto-foto juga. Hemmmm. Tapi ya harus foto juga lah ya. Hehe
mau wudhu di aliran air

segeeeeeer nyemplung di air


abang aus



solat di batu besar



lagi solat di batu besar, ditungguin sama alam =D






suka sama pose ini =D
ini malah senyum2 lagi solat =__=





pengganti sarung, bawahan mukena maspur pun jadi =D


betapa indahnya ungaran itu :3 swear!


abang gw satu ini kece banget ya, solat aja pake topi =D


Sepanjang perjalanan emang keliatan banget yang namanya kita semua saling ngebutuhin, ga bisa sendiri. Ya pas u nyusrug di kali, siapa yang narik u keatas kalo bukan temen di depan ato belakang u. Saat u aus, siapa sih yang ngegotong air dari bawah. Saat u laper, dan temen u bawa perbekalan banyak, siapa yang makan. Saat u bilang cape, siapa si yang ngegnatiin bawa tas. saat u bilang cape, siapa yang nyemangatin kalo katanya sebentar lagi nyampe (padahal mah =____=). ya dari sini khususnya gw banyak belajar dari mereka semua, sekaligus belajar dari ALAM, kekuatan ALAM itu emang ruarrr biasaaa dasyat.  
Jalan lagi sampe jam 2.00 pm baru sampe di pintu masuk gentong. Istirahat 10 menit, sms ngabarin yang di tembalang si kk ndut. trus masuk gentong. 




salah fokus =__="
sebelum masuk gentong pose kece dulu (fokus di gw doang =D)
salah fokus =___=

Buat tanda pake tali rapia ijo-merah di tiap tikungan, nah tandanya sih udah dari awal kita masuk ke gunung, tapi ya ga terlalu banyak, kalo yang di dalem gentong itu ya tiap kedip kayanya ngeliat tanda ijo-merah deh. Hehe. 
Gw masuk gentong sebenernya itu udah dua kali, tapi yang waktu ke dua itu Cuma separo jalan aja dan keluar lagi balik lewat jalan cepet langsung menuju ke promasan. 
Sebenernya kita udah terlalu siang buat masuk ke gentong. Estimasi waktu biasanya di dalem gentong itu sekitar 4-6 jam. Dan berhubung kita masuk udah jam 2 pm, kemungkinan kalo cepet jam 6 pm udah harus diluar. 
Nah di sini yang serunya, 3 jam berlalu kita udah sampe di puncak gentong dengan berbagai tantangan di perjalanan. Dengan langit sangat cerah, sampe si alam bilang ke gw
“mba alhamdulillah ya langitnya cerah, berarti besok kita bisa muncak”
Gw jawab dengan semangat
“aamiin, berarti kamu temenin aku ya. Hehe”
Si tantangan kali ini sumpah engga banget, Dari denger suara babi hutan “ngook ngook” dua kali selama perjalanan (entah kayanya si babi suka sama kita berenam deh). Sampe si alam estafet ekspresi muka sambil pegang idung  

“ssssssssssssstttt jangan bergerak, ada babi hutan”



ya bisa dibayangin aja sendiri, mukanya babi hutan itu kaya gimana, ditambah ada suara "ngoook ngoook" nya yang bikin makin engga banget tu tampang si babi =_____=" dan lebih mengerikannya lagi, si babi bawa sodaranya juga. dia ga sendirian >.<
Dan posisi jalan saat itu yang di depan bang candra, alam, maspur, gw, sindu, baru imam. Dan gw pas ditengah-tengah tapi pas ada suara babi yang diantara gw pada jauhan jaraknya gw udah merinding sendirian kaya patung sambil gemeter baca-baca doa. Mudah2an tu babi ngantuk mau tidur. Hoho. Itu udah menjelang sore. Dan matahari sudah tak bersahabat dengan kita. 
Abang di depan bawa parang buat buka jalan. Alam sama gw pegang tali buat bikin tanda, maspur ngiketin tali biar jadi dua warna. Imam bawa carrier paling gede and sindu jagain gw #lah
 Gw heran banget ketika dipuncak gentong, si abang ga yakin sama jalan yang mau kita lewatin itu. Pas tanya imam juga lupa, alam juga remang2 ingatannya. Trus si abang tanya gw, lah gw tau apaan. Hehe. si maspur and sindu Cuma tengok2an aja. 
Abang ga yakin soalnya ada tanda taun lalu yang iketan talinya di silang. Trus gw bilang sama abang
“feeling abang gimana, ikutin feeling abang aja”
Trus si abang bilang
         “seinget aku nih ga lewat tanda yang di silang, itu salah”
Dan kita berenam akhirnya turun kejalan yang ga ada tandanya, dan buat tanda barulah kita. Udah masuk sampe jauuuuuuh banget, dan ternyata bukan jalan yang benar. Ok fix karena waktu udah makin gelap dan matahari udah ga bersahabat sama kita, akhirnya kita naik lagi ke puncak gentong, sambil nyabutin tanda yang kita lewatin lagi dengan kecepatan ekstra. 
Akhirnya pas udah di puncak gentong kita masuk ke tanda yang di silang itu. Dan sudah sampe jauuuuh, sangat jauh gw rasa, karena ini tenaga udah lemes bin terkuras banyak, ditambah gerimis, dan kita berenam memutuskan pake jas ujan. Sambil kaya robot pake jas ujan tetep buka jalan dan masang tanda. Dan ternyata, jalan itu bukan jalan yang kita maksud, kita salah lagi sama jalan itu, dan untuk kedua kalinya kita naik lagi ke puncak gentong. Mutusin semua tanda yang salah. Ok tenaga gw  dan yang lain semakin melemah. Tapi semangat kita ga pernah nyerah, suara keluhan pun ga terucap sama sekali dari mulut kita berenam. Suara perut pun tertutup sama suara semangat kita buat ke promasan. Tujuannya satu dapet jalan keluar. Tapi alhasil belum saatnya kita menemukan jalan keluar. Sepertinya gunung ungaran sedang memberi kita beberapa pelajaran mengenai ALAM. 
Waktu emang cepet banget kalo udah kaya begini. Dan itu udah jam 5.15 pm yang seharusnya kita 15 menit lalu udah berada di luar gentong, dan kita berenam masih di puncak gentong dengan kegalauan melanda mengenai jalan. Hemmm. 
Alam Cuma bilang 
“sekarang udah jam 5.15 pm kita 45 menit lagi harus udah keluar gentong!” 
dengan muka yakin. Gw dan yang lain pun ikut yakin dengan perkataan alam. 
“Harus! Pokonya harus keluar!”
Dalem hati gw. 
 Karena matahari udah makin ga bersahabat, padangan kita berenam pun semakin meredup, akhirnya kita ngeluarin senter. Dan hebatnya dari kita beenam Cuma ada 2 senter =___=” 
Senter emergency gw sama senter kece punya si sindu. sukur Alhamdulillah ada senter. Jadi setelah ngeluarin senter, abang buat keputusan buat buka jalan tapi tanpa ngebuka, langsung kita trabas aja jalannya. Kenapa? Karena nguber waktu yang semakin lama semakin gelap dan mencekam. Hiiiii
Masuk ke jalan yang ketiga itu dengan sisa sisa kekuatan yang ada, pencahayaan yang ada, semangat yang ada, pokonya semua serba minim. Sampe si imam minta barter caril yang di gendong, karena berat banget. Sampe mbrosot2 tanah (sebelumnya si juga mbrosot, tapi masih ada cahaya matahari, jadi ya keliatan apa yang didudukin sama yang buat pegangan). Nah yang kali ini penerangan Cuma ada di depan sama di belakang. Yang tengah kaga pake, disenterin sewaktu waktu aja. Dari mbrosotin tanah yang labil, ranting pohon yang udah pada berguguran, sampe batang pohon yang gedenya minta ampun telentang lewat jalan yang kita lalui, dan kita ngelewatinnya mesti meluk itu batang, kaga bisa dilompatin =___=”
Pegangan sama batang berduri atau batang bambu yang banyak bulu2 tajem itu sampe ga ada rasanya, mati rasa seketika tangan sama kaki. Entah pacet dimana2 udah ngisep2 darah kita sampe kenyang, dan itu pun kita udah ga ngerasain. Yang kita rasa Cuma pengen cepet nemu jalan keluar, udah itu aja.
Dan dapet pencerahan setelah kita ngeliat ada beberapa lampu tampak dari kejauhan. Sepertinya itu promasan, tapi setelah jalan terus dan terus sampe ini pantat dan tangan udah ga kuat meneruskan jalan. Setelah semakin menurun dan semakin curam itu jalanan yang kita lewatin dan semakin berkurang tenaga yang ada , akhirnya si abang nyuruh berenti dan kita berenam ngeliat pemandangan indah banget. Sumpah. Lampu lampu semarang dari atas gentong sungguh ruarrr biasaaa. Dan yang kita liat diawal tadi ternyata bukan promasan. Bukan hal yang membahagiakan ternyata. Dan kita ternyata berada di jalan yang salah dan di pinggiran jurang.
Kita pun akhirnya pada jongkok dibalik pohon bambu sambil terdiam menatapi lampu2 kota. Dengan sudut kemiringan itu 45 derajat. Berenam alhamdulillah ga ada yang rewel, ato ngeluh. Semua terdiam, temasuk gw. Gw diam seribu bahasa. Sambil kedinginan karena keujanan bin makin malem makin minus cuaca di sana.
Ga ada harapan. Kita turun terus itu makin bahaya. Naik juga ga kuat. Orang kita pas turun aja ga bisa berdiri, mesti ngesot2 di tanah. Sumpah curam pake banget. Gimana kalo suruh naik. Alamak bisa pingsan duluan gw. Hoho. 
Duduk terdiam lama, sampe rasa laper, aus, ngantuk, cape itu ilang gara2 satu alasan TAKUT. Tapi kita berenam itu ga ada yang ngomong kata itu satupun. Diam, Cuma diem, kedip2, sama napas. Udah itu aja. 
Akhirnya karena si imam pake celana pendek sendiri dan dia makin kedinginan. Minta buka SB yang di luar. Tapi kata abang jangan buka SB dulu, ntar aja katanya abang. Hemmm. Semakin dingin. 
Kita berjejer duduk di balik pohon bambu terbanyak di pinggir jurang itu dari sebelah kiri abang, sindu, alam, maspur, gw, trus imam. Akhirnya gw pegangan tangan sama imam and maspur, yang ini dingin bin takut itu jadi satu. Ga tau rasanya apa. Transfer hangat pun rasanya udah beku sama cuaca di sana. 
Ditambah langit juga ga bersahabat, langit mendung malam itu. Padalah malam masih menunjukan jam 7 pm. Ditambah kilat2 menyambar kaya lagi moto kita berenam yang lagi kedinginan bin ketakutan. Eh si imam bilang 
“ini malam minggu ya”
Serentak kita nyaut
“yeeeee malah diingetin ini malem minggu” =____=
Belum hujan langit semarang, masih dengan awan mendungnya semendung hati kita berenam. Dan fix galau. Yang paling galau sebenernya si abang, soalnya yang paling dituain kan si abang. 
Trus gw reflek bilang laper. Nanya boleh makan ato kaga sama si alam. Trus kata alam bilang ENGGA BOLEH. Ya gw tanya alesannya kenapa eh si alam bilang 
“YA ENGGA BOLEH AJA MBA”
Gw: ................................ -HENING-
Dan untung gw anak baik dan mengerti, walaupun gw ga ngerti maksud dari kata “engga boleh aja” itu apa. Hadeeeeh. Dan sampe waktu yang tak ditentukan perut ini semakin lapar, dan gw juga ga berani makan apapun dan minta apapun selain ngunyah permen karet yang gw makan di tengah perjalanan tadi siang. Ngunyah permen dengan hening.
      Trus tiba2 si abang bilang, 

"cek HP cari sinyal. Kalo dapet langsung kabarin tia atau mas nang"


dengan Sigap. Berenam nyalain HP masing2 dan cek sinyal. NOL BESAR. Ga ada sinyal. Dan kemudian hening &*^%$#@ (=_____=)
      Yang pake BB Cuma abang, dan ternyata bisa buat BBM’an, trus yang abang punya Cuma bb nya mas sinyo, anak transpala. Anak biologi ga ada yang punya. Hadeeeeh abang plis deh. 
      Whatsup-an pun ga bisa. Hadeeeh. Semua hening. Kirim bbm ke mas sinyo pun pending agak lama. Dan kemudian mendapat balasan. Tetep sambil galau. Dan berdoa ga ada henti2nya. 
mata melotot ngeliat langit dan pohon bambu yang ada monyetnya lagi mondar mandir di atas. Hemmmm o_____o
eh Hp si maspur geter geter nerima sms, trus langsung sms tia dan masuk. Telp langsung. Ngomong panjang kali lebar kali tinggi. Ngabarin posisi kita ada dimana, dan tia tanya kok bisa nyasar. Hemmm tanya ke-na-pa??
Setelah kabar menyebar, gegerlah seantero nusantara kita terjebak di gentong pukul 7.10 pm. Hoho. Dengan posisi 45 derajat. Dibawah pohon bambu. Diatas ada monyet bergelantungan. Di bawah pemandangan langit semarang. Dan fix kelaparan.
Menggelar jas ujan buat alas duduk. Sama ngegelar SB. Niatnya buat ngilangin dingin, tapi apalah daya, tangan imam sama maspur ga ada hangat2nya banget. Sama sama dingin =___=
Diam. Kita diam berjam jam sampe ketiduran. 
Sekitar jam 9 atau jam 10 ga dan yang lain kaget denget suara “ngoook ngoook ngoook” kenceng banget di bawah kita. Dan itu adalah suara babi hutan sodara sodara. 
Seketika si alam, maspur, imam bangun dari tidur trus duduk dan gw tarik lagi suruh tiduran. Dan gw bilang 
“itu suara babi hutan, jangan berisik”
Tangan gw nyilang pegangan sama maspur and imam (karena mereka sebelah gw) kenceng banget ga lepas lepas. Sumpah kali ini gw takut banget. Itu babi ternyata ga Cuma satu, ada dua suara babi dibawah kita. Huhu. Dan diatas kita ada suara langkah gedebuk gedebuk juga, eh ga lama denger “ngoook ngoook ngoook” juga. Halah. Kita dikepung sama babi hutan. Sumpah napas aja gw tahan, saking takutnya. Dan ini jantung berdetak kaya lagi main drum, sumpah cepet banget and kenceng banget. Dan kita berenam deg deg'an berjamaah. Hoho. Eh si sindu dengan hebatnya dia bangun dari tidur trus nanya itu suara apaan, dan pas dijawab sama abang suara babi hutan, si sindu Cuma jawab oooooh kemudian dia tidur lagi. Jiaaaaah si sindu minta dijitak. Hemmmm. 
Kurang lebih setengah jam itu babi jalan2 dan teriak teriak dikeliling kita dan gw sendiri Cuma bisa napas sama kedip2 doang. Si imam tengok kanan kiri mulu, takut ada disebelah. Sampe gw bilang ke imam jangan gerak2 mulu, nanti keisni itu babi, gw takut. 
Setelah itu babi menghilang suaranya, si abang juga denger suara auman macan. Jiaaaah untung gw tidur. Ditambah disebelah abang tidur itu kan ada batang kayu besar tumbang dan dibalik itu ada babi hutannya, nahloh si abang yang tau kaga bisa tidur dan sigap pegang parangnya.  Ya gimana engga kita tidur pules si abang melek sendiri. Hehe. tidurnya kita ya tidur ayam sih. Tapi ya tetep aja ngeri sumpah.
Jam setengah duabelas gw bangun, trus duduk, trus bangunin alam, gw aus sumpah. Sebenernya sih juga laper sumpah, tapi ya gimana ya, engga boleh makan, jadi ya minum aja deh, itu pun Cuma dua tegukan aja, takut pengin pipis. Hoho.
Tidur lagi, si imam makin kedinginan, eh dikasih SB satu lagi ma si alam, sama dikasih anduk si candra buat tutupan leher. Dan si maspur tutupan pake slayer mukanya. Kalo gw masih dengan kostum jas ujan yang kece, kalo kata maspur 
“mba laras kaya pinguin”

Sepanjang hari gw masih pake jas ujan, yakali ujan tiba tiba. Tapi pas gw bangun itu langit udah cerah banget, diatas  kepala kita tidur persis bulan lagi bersinar terang, ketutupan sama daun2 bambu. Sumpah indah banget. Tapi engga juga sih kalo ditengah hutan kek gitu.
Oh iya kita juga ga bisa ngediriin tenda, gimana bisa, orang 45 derajat kita istirahat. Ditambah melorot turun terus ini badan. Bolak balik naikin tas, pura2 merem. Duduk, bangun lagi, liat jam, ya bolak balik gitu aja nungguin keajaiban. Hemmm.
Trus gw sempet tanya sama abang
“bang, ini kita nunggu terang, trus naik lagi kah?
Abang jawab
      “engga, kita nunggu dijemput.”
Gw lanjut tanya
      “kalo mereka engga nemu kita?”
      “ya pokonya nunggu sampe dijemput” lanjut abang.
Gw: .................................... -HENING-
      Doa gw itu Cuma satu 

"jangan ujan sekarang!"
      Doa yang lain ternyata juga sama 

"JANGAN UJAN SEKARANG"
     
 Ya kalo ujan, udah kita ga bisa pasang tenda, barang bawaan banyak, diposisi yang sangat engga strategis, kita bisa mati gaya bin mati kedinginan di situ. 
Dan Tuhan mengabulkan doa kita :*

Awan mendung dan kilat2 menyambar, menjadi kawan ketika kita berenam menggalau di malam minggu. Hanya sedikit gerimis aja, tapi alhamdulillah gerimis aja. Hemmmm 
cape. Tidur. Memaksa mata buat tidur. Si imam udah tidur pulas daritadi, lupa sama dingin and tidur diatas akar pohon. Trus si maspus sama alam bolah balik duduk tiduran duduk tiduran. Gw Cuma bisa kedip2 sambil ketakutan. Entah takut yang seperti apa. Semuanya campur aduk. 
Dari yang mikir ibu bapa dirumah, mba ratih, mba tiyas, keponakan gw si adzka, revisian bu kas belum gw revisi, gw pas berangkat ga ngabarin de jongse (yanto, ken, silpi), smuanya jadi satu. 
Seperti ada kekuatan hebat di sana, dan kita hening di luar, namun di dalem hati terus teriak berdoa menunggu kejaiban datang. Lebih tepatnya nunggu matahari terbit. Yakali masih tengah malem banget tiap 2 menit ngeliat jam, itu jam berasa lamaaaaaa bangeeeet sumpah. Kaya mati ga jalan jalan. 
Eh tepat jam 3 pagi. Alhamdulillah Allah mengabulkan doa kita semua. 
Kita berenam denger suara teriakan 
“HALIASTER”
“HALIASTER”
“HALIASTER”
Prrrrrriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit
Priiiiiiiiiiiit
priiiiiiiiiiiiiiiiiiiit
Bunyi peluit berkali-kali dari atas.
Dan itu tanda  pertolongan datang.
Subhanallah ruarrr biasaaa sungguh. Kita berenam dapet jemputan dipagi2 buta. Kabar jam 7 tadi malam itu membuahkan hasil. Cukup bersabar beberapa jam di dalam hutan yang berisi babi hutan dan monyet liar. Iya beberapa jam saja. Hanya 8 jam di posisi kegalauan mendera hati, otak, badan, smuanya jadi satu. 8 jam di posisi duduk nanggung, tiduran pun nanggung. Makan pun ga boleh. Dan semua terbayarkan. 
      Alhamdulilah mereka menjemput kita :3
Mereka emang RUARRRR BIASAAA.......
      Dan kita juga ga mau keilangan jejak. Balik jawab pelan
         “koak” 
Trus gw bilang pelan
         “pelan2 awas ada babi dibawah”
Si abang sama alam sambil sibuk ambil peluit dan tiup tiup peluit plus nyenterin kelangit, kasih tanda kita masih aman di bawah.
      Jam 3 oh jam 3. Mereka datang. Mereka 6 orang ruarrr biasaaa hebat. Ada tia (kk ndut), wanda, ajis, sama 3 anak transpala (2011). Sumpah mereka swit banget dah.
      Sebelum mereka nyampe di posisi kita, si maspur bilang
“Pokonya sampe pa min aku mau mi rebus yang pedes”
Gw bilang
         “mau mi rebus juga, sama es teh”
Eh si sindu juga ikutan mau emi. Hadeeeeeh. Hehe.
Setelah terdengar suara pertolongan dari temen2 diatas, mata kita berenam tiba2 bersinar, dikelilingi bunga2 terbang, ditambah ada kupu2 yang hinggap (nah jadi lebay). 
Sekitar setengah jam mereka yang jemput kita berada di posisi kita berada. Pas semakin mendekat, semakin bahagia lah kita berenam karena mendapat pertolongan. Pas turun, trus peluk kk ndut tia, dan gw-maspur-tia juga berpelukan. Hiks... #terharu. pengen meluk yang lain sih sebenernya, tapiiiiii hehe =D
Mereka berenam pas sampe, langsung istirahat ngumpulin tenaga buat naik lagi ke atas. Makan, minum, nyalain lilin, trus tidur sebentar. 
Jam 4.30 am kita prepare semua barang2 bawaan, trus kata wanda mau ga mau jam 4.30 harus udah naik lagi. OK semua rapih rapih barang bawaan. Ngelipet SB, matiin lilin, masukin perbekalan, semua yang berceceran di tanah di masukin di tas. Dan gw masih dengan kostum jas ujan abu-abu yang kegedean =__=” (biar tas yang di bawa jadi rada enteng sebenernya).
Dan gw galau. Ga Cuma gw doang si sebenernya yang galau, kita berenam yang dijemput juga galau, dan kita bakal lewat track yang sebelumnya kita trabas semalem itu, dan kita bakalan lewatin itu jalan lagi. Hemmm. 
Tapi karena kita jadi berduabelas, seengganya jadi makin rame dan engga berasa capenya. Pencahayaan makin banyak, karena mereka yang jemput kita pada bawa senter besar2 dan OK semua. So walaupun tiap orang ga pegang senter, jalan setapak yang kita lewatin bisa terpancar cahaya.
Dan gw baru tau kalo itu jalanan yang kita trabas semalem dengan pencahayaan 2 senter doang, sumpah ancur banget, dan itu hutan banget. Ranting dimana2, batang pohon dimana2 pada tumbang, pohon bambu berdiri tegak, rumput berduri disekeliling kita. Tanah becek mengotori badan dan tas yang dibawa. Ok fine, kita tetap bersama. 
Walaupun itu track terus dan terus nanjak. Makin lama makin tinggi. Makin lama makin ngos ngos-an =____= sumpah cape banget, tapi di badan aja capenya, mulut gw dan yang lain pun ga ada kata ngeluh. Sama sekali. 
Tepat jam 5.30 kita udah sampe di puncak gentong. Alhamdulilah. Ngaso sebentar sampe nunggu matahari terbit. Sampe ada cahaya terang. Alhamdulilah ternyata gw dan teman2 masih bisa liat matahari. :’) 
Makan, minum, selonjoran, senyum senyum, cerita2, semuanya menjadi satu dalam satu tanah dan satu atap yang sama. 
Sebelum melanjutkan jalan ke medini, kita pose kece dulu disana. Sebagai bukti kita berduabelas pernah menginjakan kaki di puncak gentong. 
ajis

pose kumpul rame, tanpa imam =D





pose tanpa abang candra
tas kamera imam yang juga ikut eksis

Dan melanjutkan perjalanan........
sampe di pintu keluar gentong.
istirahat sek. cape coy. istirahar 30 menit. sambil poto2 lagi. hoho



pahlawan dari transpala :3





Duajam kemudian.......
Selama perjalanan kita udah bisa nyanyi2. Ketawa. Senyum2. Poto2. Meringis. Yaaaa sebelumnya 8 jam tanpa suara hening di dalam hutan itu menjadi hal yang cukup gw rasakan sekali aja. Cukup. Udah cukup pokonya. 
Makan arbei. Main air. Teriak teriak niruin suara burung. Nyanyi2 kelaperan. Yaaa semuanya jadi satu. Saat ini, saat yang ga akan bisa gw lupakan. Pasti akan tergambar jelas kala dihutan dan suasana mencekam kala itu. 



Setelah sampe batu besar si sam nyusul. Eh ga lama kemudian ada pa bas. Tanpa suara, tanpa kata. Diam seribu bahasa.
Di medini udah ada ninil.
Jam 8 tepat sampai di medini, di rumah pa min. Istirahat. Cuci kaki dan cuci semuanya. Gw ganti baju juga. Ok abis itu makan mi sama es teh. Alhamdulillah kesampean juga.
Dan kita semua di ladenin sama si ninil pesen ini itu semua. Alhamdulillah sesuatu.
Makan sambil cerita2, ketawa2. Ya semua jadi satu. Udah bisa merasakan indahnya semangkok mi dan es teh.

ternyata untuk bahagia itu sangat sederhana.
Eh parahnya si maspur ma alam makan mie-nya 2 porsi =____=

abis makan emi, kita ngerumpi lagi dari a-z balik lagi ke a-z lagi. dan cerita serunya di dalem hutam semaleman sampe detik kita bisa menikmati emi rebus di medini =D dan tiba2 abang cerita tentang kenapa waktu kita terjebak dihutan dan gw minta makan sama si alam "ga boleh". itu karena kalo kita makan, bakalan mancing monyet2 hutan buat turun dari atas pohon bambu =____=" untung aja si alam kaga bilang alesannya. dan lebih untungnya lagi, gw kaga ngeyel saat itu. padahal di kantong celana gw tersimpan coki2 sama madu. dan untuk makan coki2 pun gw urungkan. ga jadi makan. apapun. yang menjadi pengganjal mulut sama perut gw adalah permen karet hepiden yang gw makan dari sebelum masuk gentong, tersesat, ditemukan, naik puncak gentong, keluar gentong, sampe akhirnya itu permen karet dimulut gw baru gw buang dan akhirnya makan cemilan juga.
Jam 11 am si alam, maspur, imam, and sindu berangkat lagi ke promasan. Buat pesen tempat sama makan diksar minggu depan. Eh sampe sore mereka ternyata. Kata si imam salah jalan. Jadinya jalan kaki deh. Jiaaaah parah. dan mereka berempat juga sempet poto2 di sana.












Jam 3 kita semua turun lagi ke tembalang tercinta. 
Sampe kostan tepat jam 5. 
Beres2 barang, mandi, eh lupa makan gara2 cape, trus tidur sampe pagi. 
Dan cerita ini akhirnya usai.............
Terimakasih buat teman2 haliaster, pa bas, teman2 biologi tercinta, temen2 transpala. Semuanya yang udah banyak bantu, bantu doa, nemenin muncak, bantu menjemput, semua, pokonya semuanya yang gw sendiri engga tau bisa bayar kalian pake apa. Yang jelas, semoga Tuhan mengabulkan doa kalian smua #aamiin

***
gw baru ingat, kalo dengan "alam" itu jangan main2. apapun alasannya. sesaat setelah balik sampe di kostan, si TDK (syafmarini) bilang ke gw sambil pasang muka khawatir yang sebelumnya dia udah tau kalo gw tersesat di huta belantara >.<
"tuh kan kamu sih kemaren ngomongnya ngawur!"
"apa? ngawur gimana rin?!" #bingung
"sebelum berangkat kan aku ingetin bla bla bla,,,,"

nah disini si TDK gw itu cerita dah tu mengulang kejadian H-2 gw muncak. aslinya sumpah gw ga inget. begini:
TDK sama gw lagi di kamar gw (biasa ngerumpi), dan gw lagi packing buat muncak ntar pagi.  trus dia bilang ati2 ke gw, katanya akhir2 ini lagi banyak kejadian yang ga enak (kaya yang meninggal di goa trayu, ilang di gunung, kecelakaan di jalan, de el el). nah gw sautin dah si TDK. 
"yaaa malah nakutin ni bocah =___=
ya kalo ilang, ntar minta dijemput sama kk ndut tia" (sambil nyengir kuda)

dan sodara2....... ternyata itu benar2 terjadi =_____=" pagi2 buta-nya gw dijemput sama kaka ndut mutia. hoho. 
hati2 lah kawan dalam berbicara, ternyata alam meng-AMIN kan ucapan gw (hemmmm rada ngeri emang)

satu lagi...
selama di perjalanan, si sindu itu kan baru kali pertamanya muncak, nah dia belum di training sama si imam prihal tata krama di hutan ataupun gunung. si sindu ini kalo latah (kaget) gitu suka ngucapin hal2 yang ga boleh diucap. (yaaa sebenernya sih ga cuma di hutan atau gunung aja, di semua tempat juga kaga boleh). nah latahnya si sindu itu "anjr*t" 
dan ga bosen2 si imam selalu bilang
"ndu, ngomongnya ga boleh ngawur!!"
"iya iya mam, maap" jawab sindu.

ada lagi...
selain ijin sama orangtua dirumah, nah mesti ijin juga sama orang terdekat, kalo mau pergi kemana2 (apalagi muncak, atau mau ke hutan belantara gitu). gw baru inget, kemaren gw cuma ijin sama ibu bapa and anak kostan, trus sama anak haliaster (itu juga cuma beberapa aja yang gw ijinin), nah mba ratih mba tiyas (kaka gw), temen2 terdekat itu ga gw kabarin. biasanya kalo gw mau kemana2, gw ga pernah lupa ngabarin mereka semua. hoho. ya namanya juga manusia :S
yaa mungkin ini juga salah satu sebagai pengingat buat kita semua, khususnya gw. dan kejadian ini bakal gw ingat dan gw camkan baik2 di kepala :)

Sebagai pelajaran berharga, saat seperti ini pun gw baru pertama kali mengalaminya. Takut, laper, khawatir, bingung, apapun itu rasanya yang ga enak kumpul jadi satu. Tapi berkat kalian semua, gw jadi bisa terus bertahan tanpa ngeluh kesakitan dan kelaperan atau apapun keluhan itu. Dan semua tetap bertahan sampai detik ini yang terus mengalir di darah gw. Terimakasih banyak. Kalian semua memang sungguh RUARRRR BIASAAAA !!!!! 

_muhammad imam fadila_ imam
_debi candra_ bang candra
_muhammad shindunata_ sindu
_alamsyah elang nusa herlambang_ alam
_masfuroh_ maspur
_mutia yuli farida_ kaka ndut mutia
_syafmarini_ TDK rini
dkk

Salam sukses, cinta, damai, dan kasih
Laras saty
:* {} #pelukciumsatusatu

Semarang, 3 april 2013, 1:35 am, laras saty

2 comments:

  1. Hahahaha seru mbaaak... jadi kepengen jelajah hutan malem malem seru banget kayanya.. wkwkwk

    tetep solat ashar maghrib sama isya gag tuh mba di Hutan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamak.. bermalam di hutan malah pengen =_____="

      hemmmm menurutmu gimana? :)

      thanks for visit mr.akhmad :)

      Delete

bagaimana menurut kamu?