berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI DESA CACABAN


24 januari 2013 bertepatan dengan peringatan maulid nabi Muhammad SAW 12 rabiul awal 1434 H. Desa cacaban kecamatan singorojo kendal memperingati maulid nabi Muhammad SAW dengan mengadakan pengajian atau disebut perjanjen di masjid atau mushola di setiap RT desa cacaban. Desa cacaban memiliki tiga dusun dan masing-masing dusun mengadakan perjanjen di setiap RT nya.

Kegiatan perjanjen rutin dilaksanakan oleh warga desa cacaban setiap tahunnya untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Perjanjen dilaksanakan setiap hari ba’da maghrib atau setelah maghrib selama bulan januari dimulai dari tanggal 1 januari hingga puncaknya pada tanggal 24 januari 2013. Perjanjen biasanya diikuti oleh ibu-ibu setempat dengan membaca Al Quran secara bergantian dan pada akhir peringatan maulid dapat khatam atau menyelesaikan membaca Al Quran.

Selama pengajian warga desa cacaban hingga akhir peringatan maulid nabi muhammad SAW digunakan oleh KKN tim 1 desa cacaban untuk melakukan program kerja yakni penyuluhan kepada warga, karena warga agak susah untuk dikumpulkan jika tidak bertepatan dengan kegiatan pengajian. Dengan adanya kegiatan rutin warga ini ada kesempatan untuk melaksanakan programnya sekaligus bersosialisasi dengan warga desa cacaban.

Pada acara puncak yakni pada tanggal 24 januari 2013 warga desa terutama ibu-ibu berkumpul di masjid yang merupakan masjid satu-satunya di desa cacaban untuk mengadakan pengajian bersama. Pengajian maulid nabi Muhammad ini dihadiri warga dari dusun yang ada di desa cacaban. Pada tahun-tahun sebelumnya biasanya warga membuat kepanitiaan dan melakukan iuran selama 2 bulan sebelum maulid nabi tiba dan mengundang seorang kyai untuk mengisi pengajian di desa cacaban, tetapi kas tahun ini tidak mencukupi untuk melakukan kegiatan tersebut, sehingga perayaan maulid nabi tahun ini hanya diisi oleh ustad setempat.

reportase minggu kedua by: desa cacaban kecamatan singorojo kabupaten kendal 

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?