berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Sunday, December 30, 2012

Belajar seks sedini mungkin? Mengapa tidak?



Jaman sekarang sudah banyak berubah, termasuk pola pikir anak-anak bangsa yang nantinya akan menjadi generasi penerus. Generasi yang dimulai dengan banyaknya civitas yang beragam mengindikasikan perkembangan jaman semakin hari semakin meningkat. Banyak hal yang membuat para orang tua khawatir dengan perkembangan jaman yang sedang meraja lela di kehidupan sekarang ini. Era globalisasi ini mempengaruhi meningkatnya ilmu pengetahuan dari berbagai bidang. Pendidikan salah satu contoh nyata yang menjadi sarana pengajaran, tantangan, sampai berbau ancaman anak bangsa. Mengapa demikian?

sumber gambar
 Berbagai tanggapan mengenai pendidikan yang sekarang ini mempengaruhi pola pikir para pelajar pastinya. Tanggpan positif sampai tanggapan negatif merasuki generasi sekarang jika tidak pandai-pandai memilih mana yang benar dan mana yang salah. Misalnya saja pada pendidikan seks yang sekarang sedang merebak di kalangan pelajar.
sumber gambar
 Pendidikan menjadi salah satu jembatan terpenting bagi kemajuan bangsa. Termasuk dengan adanya pendidikan sekssecara dini yang mulai disegerakan di kalangan pelajar. Maksud dan tujuannya sebenarnya baik, namun jika salah penyampaian dan penafsirannya akan menjadi disorientasi yang berujung kepada perubahan pola pikir anak muda jaman sekarang yang terlalu cepat menyerap hal-hal yang seharusnya belum mereka ketahui, namun setelah adanya pendidikan seks di tempat belajarnya akan merubah menjadi paham.
sumber gambar
 

Maksud baik dari adanya pendidikan seks sedini mungkin dikarenakan banyaknya pelecehan seksual yang anak-anak belum ketahui, namun salah arti. Sehingga adanya pendidikan seks ini meruakan salah satu cara untuk mengurangi atau mencegah penyalahgunaan seks, terutama untuk mencegah dampak negatif  yang tidak diharapkan orang tua. Seperti kehamilan yang tidak direncanakan, penyakit menular seks, serta pengaruh psikologis terhadap pelaku.

Pihak-pihak yang sangat berperan penting dalam pendidikan seks adalah keluarga, terutama orang tua. Mengapa? Karena adanya keakraban antara hubungan orang tua dan anak sangat berpengaruh nantinya ke kehidupan yang akan datang. Hubungan yang intim itu pun akan mempengaruhi mental anak agar semakin akrab dengan orang tua, serta mendapat arahan yang positif dan tidak malu atau menutup-nutupi. Karena seks merupakan hal intim dan sangat pribadi, sehingga hal ini akan lebih baik dan tidak bermakna ganda sebaiknya penyampaian mengenai pendidikan seks selain di lokasi pembelajaran, dilakukan di rumah, atau dengan orang yang berhubungan dekat dengan si anak.
sumber gambar

Cara penyampaiannya tergantung situasi dan kondisi si anak. Di sesuaikan dengan usia, gender, serta hubungan dengan lingkungan sekitar harus selalu di pantau dari kejauhan. Agar nantinya ketika dalam penyampaian pendidikan seks dini ini tidak menjadi salah paham, ataupun bermakna ganda. Pemberian pengertian kepada anak adalah hal yang tepat, yang nantinya si anak tidak mencari tahu sendiri di lingkungan bermainnya. Di mana, tempat bermainnya tersebut tidak selamanya positif ataupun negatif. Sehingga menjadikan anak mencari tahu dengan seksama.

Maka dari itu orang tua atau keluarga terdekatnya lah yang berperan sangat penting dalam pendidikan seks dini ini. Semua akan menjadi positif, jika cara penyampaiannya positif, begitu pula sebaliknya.

essay ini diikut sertakan dalam lomba BEASISWA DATA PRINT
***

semarang 30 desember 2012 2.39 am / laras saty

3 comments:

bagaimana menurut kamu?