berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Saturday, October 20, 2012

combro vs misro

siapa yang engga tau sama ni jenis makanan hayo angkat tangan??
yuk liat seru-seruannya saat gw sama temen2 de jongse ribet sama si "combro vs misro"..

bermula dari kegiatan yang setiap kali ada acara UNDIP SCIENCE FAIR (USF), ini ulang taunya si fakultas gw.. dan udah dua taun terakhir ini USF melibatkan semua unit pelaksana kegiatan (UPK) atau bisa dibilang semua lembaga di Fakultas Sains dan Matematika (FSM) di libatin sama ni event.. alesan utamanya sih, biar semua jurusan, lembaga, bisa jadi satu dan engga pecah belah *Eaaaa

di USF yang udah berjalan ke dua kalinya yang melibatkan lembaga ini dari jurusan Biologi jatahnya hari kamis (18 oktober) kemarin. dan kita join sama jurusan matematika nih.. biasanya sih, kalo matematika n biologi tampil kita kalah heboh.. tapi kali ini, esok, dan seterusnya statement itu bakal ganti dan akan selamanya kebalik.. biologi bakal tetep JAYA di mana pun biologi berada.. *ups

sekiranya demi bersatunya anak-anak biologi, kita bisa bikin heboh dengan persatuan yang kuat (i hope that).. nah ni biologi punya acara "bazar makanan tradisional".. konsepnya kurang lebih sama kaya taun lalu.. tapi kali ini lokasinya beda.. taun lalu di lobi dekanat FSM.. dan sekarang di taman baca belakang dekanat.. disini lebih rame, karena bisa heboh kapan aja dan mau ngapain aja..

konsepnya tiap angkatan dan tiap biro nyumbang dan ngisi satu stand yang udah di sediain sama panitia (HMBiologi).. nah disini macem-macem isinya.. klo stand tiap angkatan biasanya semua makanan.. tapi kalo dari biro-biro yang Biologi punya pameran-pameran hasil karya yang masing-masing biro geluti..

kalai ini angkatan gw (2009) nyumbang makanan selalu *eaa.. dan de jongse tetep memeriahkan ni acara dengan berpartisispasi ikutan jualan di bazar ini (selalu).. dengan ide gila dari temen-temen de jongse (ken, yanto, silpi) kita mikiiiiiiir keras untuk mau masak apa di bazar kali ini.. dan tercetuslah "combro vs misro"

kenapa combro n misro?? kasih tau ga yaaaaa... hahaaa..
combro is oncom di jero (oncom di dalem) n misro is amis di jero (manis di dalem).. keduanya itu makanan khas jawa barat.. rata-rata orang jawa belum tau banget sama makanan ini.. yaaa sebagai pengenalan kepada masyarakat luas deh, karena berbagi itu indah..

suka duka de jongse bikin ni makanan buanyak banget deh.. dari mulai cari ide.. me-list apa aja yang dibuttuhin.. sampe si yanto n silpi jatoh di parkiran fsm entah gara-gara apa yang katanya jatoh sendiri tanpa sebab.. and membuat mereka biru-biru lebam gitu.. kuliah dari pagi-sore.. belanja cari bahan-bahan yang ternyata ga semua ada di sini ToT..

pagi-pagi buta (jam 6 sih) pertama ya tujuan kita ber-4 ya langsung kepasar.. pasar Banyumanik tujuan pertama..  semua bahan-bahan  yang udah di list kita cari satu-satu.. dari beli singkong, minyak goreng, gula merah, dkk sudah.. dan ternyata di jawa tengah ini ga ada yang tau oncom itu apaan =,,= (sedih campur terharu ketika di pasar besar ga ada yang tau namanya oncom).. dan gw langsung telp ibu gw --> seketika galau.. abaikan perihal oncom itu.. sesaat beli singkong, kita cari tukang parutan kelapa yang pake mesin.. dan cukup lumayan banyak ini mesin parutan.. TAPI, yang menjual jasa itu engga semua mau marut singkong yang kita punya.. padahal cuma 2 kg loh.. setelah muter-muter ada yang mau juga *akhirnya.. dengan syarat menunggu semua kelapa yang bapanya punya, baru deh kita boleh marut singkong kita yang cuma 2 kg ajah..

-setelah beberapa menit kemudian-

si bapanya "mana mba singkongnya" | gw: "ini pa" | bapanya ngeuarin singkong dari plastik, dan seketika kaget | "mba ini ko belom dikupas?? masa saya parut sama kulit-kulitnya mba" | gw sama yanto: =o= | -percakapan panjang- | dan akhirnya gw ma yanto balik lagi ke tempat beli singkong, untuk ngupasin si singkong tadi..

selesai sudah kita belanja.. dan masih tanpa oncom.. setelah selesai kuliah siang hari, de jongse akhirnya kumpul lagi untuk ngebahas si oncom.. awalnya pagi-pagi itu kita beli tahu untuk mengganti si oncom.. tapi bapa gw telp tuh, katanya suruh ganti pake tempe.. dan kurang lebih cara buatnya sama kaya kalo pake oncom.. dan tahu yang kita punya di biarkan galau oleh kita.. dan de jongse ga pernah nyerah.. kita hunting oncom sampe ke ada swalayan n carrefur.. di sana ada ko yang namanya oncom. TAPI,,,,,, harganya bo.. ga pas buat kantong mahasiswa, apalagi buat jualan =,,=

dan balik ke ide bapa gw yang super-->TEMPE.. dengan tempe kita terselamatkan \(^.^)/ akhirnya belanja tempe di  pasar tradisional deket kosan =,,=

proses ngebuat ni si makanan sore-malem.. penuh perjuangan.. sangat !!!.. dari meres si pati singkong yang keabisan ide, dan akhirnya di peres pake sesuatu =D semua proses panjang *lebay* udah kita lalui dan beres-beres masukin ke kulkas untuk besok pagi tinggal goreng ajah.. -selesai buat- gw ma tia masih melakukan sesuatu -.-

pagi tiba, waktunya ngegoreng dan gw bolos kuliah mikropaleontologi *maunya gw sih gitu* hehe.. dan setelah ngegoreng langsung cao ke kampus.. siap-siap jualan deh =D sampe kampus eh pas banget ibu kajur (bu muifatul izzati) lewat.. cuuuuuus cegat si ibu dengan si combro n misro.. dan diborong ma si ibu 20.000 langsung cuy.. 10 misro n 10 combro *Eaaa pelanggan pertama-->laris manis tanjung kimpul* oiya.. kita jual per biji-nya 1000-an ajah.. dan itu sudah cukup buat kita senang, walau untungnya ga seberapa dengan si capenya n perjuangannya =) yang penting hepi n laris itu juga udah cukup =)

ini nih yang namanya oncom-->
Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).
sumber:  di sini 


ini nih gabar combro vs misro (versi google)-->

atas: combro | bawah: misro
para artis yg masak com-sro

ini singkong pasca parut n peras =D

oncom yang berubah jadi tempe

oncom (maksaaaaa)
masak2 di meja dapur nenek's

kondisi meja saat masak

saat makan malam besar bersama si besar *eh (mutia yuli farida) hehe

ngegalau depan tipi nenek's

makan BESARRRR

*SENsoooooor*

stand biosfer yang "miris" hahaa

ini dia combro vs misro buatan de jongse

stand fostibi dengan si M. Amal nurhakim

bazar buku.. ada bukunya mas pimen loh (master from minder- pariman siregar)

bazar buku
ikhwan ganteng ala fostibi

akhwat cantik ala fostibi

*eaaaaa

suasana bazar di taman baca FSM 2012

artis biosfer (sitta maulina marpaung, wahyu nur hidayah)

w/ ikhwan ganteng *eh udah muhrim* (GAMBARRRR)

stand haliaster (sitta mauliana M)

kaka ndut (mutia yuli farida) menuh2in :P

anak kelaperan :p

stand sinapsis (ismi izah azizah)

ngeksis (ahmad yusuf afandi)

si ganteng kriting (noldi yonatan)

si MC lagi PDKT (nurrahmah azizah, adri amin aziz, M. aziz)

*jleeeeeeeb* buku yang di pamerin si Rizky panji nugroho ke gw =..="

suasana di taman FSM

entah apa yg dilakukan si Ken qudsy royani

duo geje (suparyanti(o), sitta maulina marpaung)

nyanyi nyanyi

afrazak johansyah, m.imam fadila tampak samping

gw, yanto, silpi

duo jongse

laras saty, suparyanti, ken, sylvia


duo narsis















 ***

laras saty
3.26 am
20 oktober 2012
kamar nenek's

2 comments:

bagaimana menurut kamu?