berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, December 5, 2013

yang masih teringat jelas dalam ingatan (baca: KKN) bag.1

semua yang berbau KKN ada di sini. apa itu KKN? 
KKN is Kuliah Kerja Njalan-njalan (N=Nyata)

banyak moment penting yang masih terekam sangat jelas dalam ingatan, dari awal sampai detik ini saya mereka ulang kejadian satu tahun silam. iya awal bulan ini tepat 1 tahun silam saya dan kawan-kawan seperjuangan KKN Tim I UNDIP tahun 2013 menyibukan diri dengan KKN.

mau tau bagaimana seru dan berartinya KKN bagi saya dan kawan-kawan?

yuuuuk disimak sekarang
 
pertama
adanya info mengenai KKN sudah tersebar di seluruh penjuru kampus, dari kampus A sampai kampus Z, semua orang memposting menjarkom prihal KKN ini.

kedua
disibukan dengan berkas-berkas keperluan untuk KKN. ada syarat dari jurusan, fakultas, sampe cetak foto, siapin uang pendaftaran, dan akhirnya kolektif per jurusan biar ga repot.

ketiga
kolektif berkas, sampe uang yang saya ingat di kumpul di nenek's house, alias kostan saya. ini masih sejurusan sama saya. ada sekitar 20-an anak yang KKN di angkatan saya, termasuk saya.

keempat
mengantri di posko KKN yang berada di gedung Widya Puraya bersama ribuan pendaftar KKN dari seluruh fakultas yang berada di undip.
wanita tangguh dipenjuru biologi

suasana saat pendaftaran di LPPM, posko KKN Undip WP
kelima
pembagian kelompok se-kabupaten, diperkecil lagi se-kecamatan, di kecilin lagi jadi se-desa.

ada beberapa lokasi untuk KKN tahun ini. Kendal, Pekalongan, Magelang. (FYI Pekalongan dan Magelang adalah lokasi untuk kali pertama yang di jamah oleh tim KKN undip sepanjang sejarah).  

keenam
pembekalan..
pembekalan dilaksanakan sebelum penerjunan ke lokasi masing-masing tim. nah di sini yang penting itu di bagiin buku sakti KKN, dijelasin apa itu KKN dan mau ngapain ketika kita KKN, yaaa ini semacam kuliah gitu. 

ada 4 pertemuan, dan semua wajib.
di pertemuan terakhir adalah pengakraban antara tim kecamatan dan tim desa masing-masing.

ketujuh
dan saya mendapat bagian di Kabupaten Kendal, Kecamatan Singorojo, dan Desa Kedungsari.

kedelapan
total di kecamatan Singorojo ada 164 kepala. dan isinya random dari semua bidang studi se universitas. keren!

kesembilan
pertemuan ke-3 kalo ga salah inget adalah penentuan korcam (koordinator kecamatan), dan terpilihlah si Wisman Fabrisse Doloksaribu. anak oseanografi. anak MDC. anak mamak dan bapaknya.

kesepuluh
FD (flashdisk) adalah percakapan pertama dengan si abang korcam. dan kemudian berlanjut di kemudian hari dengan menjadi sekcam (sekretaris kecamatan) si abang satu itu.

kesebelas
nulis di papan tulis kelas untuk penentuan lokasi KKN. dan saya beserta korcam (yang berbeda tim) sudah ditentukan, tanpa melalui pengundian terlebih dahulu. tidak seperti yang lainnya.

saya di desa Kedungsari
korcam di desa Ngareanak

kedua desa tersebut adalah lokasi terdekat dari kantor kecamatan Singorojo. 

dan lokasi saya beserta tim kedungsariers adalah yang terdekat dengan KOTA aka Kecamatan BOJA!! hanya 10 menit dari posko saya. hehe

dan jarak dari posko saya ke posko si korcam +/- 10 menit 1 kali perjalanan. namun, lokasi si korcam berada di lingkup kantor kecamatan.

its ok... KKN berasa kaya pindah kostan gitu. alhamdulillah nyaman tentram damai pokonya. hahay.

sedangkan waktu tempuh dari kampus ke posko saya adalah +/- 50 menit. hehe dan ini yang membuat semua kawan-kawan saya envy :D   

dan tulisan saya terlalu besar untuk ukuran badan saya yang kecil ternyata. GA CUKUP untuk 12 Desa -_____-
 
keduabelas
rapat bareng sekecamatan bersama petinggi-petinggi desa alias kordes (Koordinator desa). biasanya rapat di pelataran PKM undip. ga pake bayar makan-minum, ga pake bayar parkir, ga pake gantian tempat, ga pake jarkom lokasi, karena semua orang tau PKM Undip berada di mana. 

ketigabelas
rapat bareng sama cowok-cowok itu keren. kenapa? soalnya saya biasa rapat bareng sama para ibu-ibu itu agak rusuh. nah ini rapat sama para kordes itu pokonya keren. satu kasih masukan, ada intrupsi, langsung berunding, dan dapet hasil.
saya sih di sana bikin rusuh aja dengan berbagai macam peraturan (yang kadang si korcam perlu di jitak dulu biar ngerti duluan, tapi ya ngegemesin si doi mah). seru aja jadi bagian dari mereka. saling mengerti dan dimengerti. berbagi. yup.... intinya SERU!

keempatbelas
bencam (bendahara kecamatan) kami itu namanya nelly rela septi bla bla panjang pokonya. dia tiba-tiba kaya mendadak dalam beberapa hari. pegang uang 15juta anak-anak singorojo untuk keperluan KKN. ada jaket, kesekretariatan, program kecamatan, expo. yaaah... kurang lebih segituan deh uangnya yang ada di bendcam mungil nan manis satu itu.
pengelolaan uangnya keren nih anak. pelit. galak. asik. rame. bawel. seru. pokonya punya bencam satu ini mah tinggal minta laporan keuangannya aja. sisanya urusan dia dengan kawan-kawan sekecamatan masalah uang. 

kelimabelas
(BERSAMBUNG...........)
 
 

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?