berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Saturday, September 29, 2012

Sains untuk Kemajuan Bangsa


Sains yang dahulu, kini, dan akan datang merupakan salah satu poin terpenting dimana untuk membangun pendidikan, khususnya di Indonesia sendiri. Terkadang hal yang “tak pasti” seperti sains ini disangkut-pautkan dengan adanya pengaruh penting dari pendidikan di Indonesia. Pengaruh globalisasi salah satunya yang merasuk dalam dalam semua aspek kehidupan dan hal ini terlihat dengan semakin besarnya peran sains, matematika, dan teknologi. Kemajuan cepat dalam sains dan teknologi dalam pendidikan perlu diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia yang disiplin ilmu serta berkualitas. Di sisi lain kita dihadapkan pada situasi permasalahan yaitu hasil-hasil penelitian yang dilakukan para peneliti belum dapat diterapkan secara optimal di masyarakat, karena media yang menjembatani dirasakan belum maksimal.

Dengan demikian adanya ilmu sains yang di manfaatkan dengan bijak akan  membawa dampak baik bagi penggunanya. Baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Melalui sains kita dapat membentuk potensi dari penggunanya yang nantinya akan mewujudkan pendidikan yang berkualitas serta dapat melahirkan para ahli yang nantinya akan mempu berfikir logis, kreatif, mampu memecahkan masalah, bersifat kritis, serta dapat menguasai lebih baik lagi mengenai sains.
Seperti yang dikatakan di awal, sains sangat penting peranannya dalam bidang pendidikan. Di sini kita sebagai generasi penerus bangsa, alangkah baiknya jikalau secara perlahan meningkatkan segala macam yang berbau mengenai pendidikan, menyiapkan calon-calon generasi penerus bangsa dan tujuan kedepannya adalah agar ketika dihadapkan dengan permasalahan mengenai sains yang berkaitan dengan pendidikan, generasi penerus ini dapat menghadapi masalah tersebut. Peran yang sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin yaitu dari diri kita sendiri.
Ada yang menyatakan bahwa pendidikan di Indonesia ini sudah banyak kemajuan, namun pada kenyataannya praktek dengan pendidikan di Indonesia masih sangat minim untuk menjadikan sesuatu yang baik dan bermanfaat. Sangat jauh dari minimnya sistem pembelajaran di Indonesia ini membuat hasil yang kurang maksimal pula. Sistem-sistem lama masih dipergunakan sampai sekarang, yang alangkah bainya dilakukan perubahan sesegera mungkin untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta adanya campur tangan sains dan sedikit demi sedikit adanya peningkatan yang membuat kemajuan demi perbaikan bangsa yang seutuhnya.
Sistem para pendidik masih menggunakan sistem lama tersebut masih cenderung memberikan materi sebagai hafalan. Jikalau hanya dengan metode menghafal, bagaimana ada kemajuan yang ada. Tidak ada proses disana, sebaiknya para pembelajar dilatih untuk memformulasikan pertanyaan ilmiah untuk penyelidikan dan menggunakan pengetahuan yang diajarkan untuk menerangkan fenomena alam serta menarik kesimpulan berbasis fakta-fakta yang diamati. Begitulah sains, membaca, mendengar, melakukan, dan mengulang kembali.
Dengan adanya pola pembelajaran sains tersebut, maka para pembelajar nantinya akan baik untuk kedepannya dan mampu menyelesaikan masalah yang akan di hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya pengalaman yang sedini mungkin maka konsep-konsep sains yang sudah ada dapat diaplikasikan nantinya. Dapat mengaikan konsep-konsep sains dengan fenomena yang terjadi di sekitar kita.
Adanya beberapa pencapaian-pencapaian yang membuat sains dapat membangun pendidikan di Indonesia ini. Diantaranya yaitu: para pembelajar dapat mengambil keputusan dan berkomunikasi dengan pengetahuan; dapat menafsirkan dan menggunakan konsep sains dari berbagai ilmu dan dapa menerapkan secara langsung; dapat menjelaskan dan menyimpulkan tentang suatu riset sederhana, serta mampu menginterprestasikan hasil penelitian; yang terakhir pengetahuan para pembelajar tentang sains tidak hanya sebatas hafalan, bahkan dapat ketingkat mengaplikasikannya secara langung.
Berdasarkan uraian diatas, maka melelui sains kita bangun pendidikan di Indonesia dengan pengangkatan suatu gagasan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dengan sistem pembelajaran secara kontekstual pada materi yang biasa. Tujuannya adalah agar terjadi pengembangan ilmu dari suatu gagasan dan meningkatan kreatifitas. Dan dapat menghubungkan konsep dengan masalah serta konsep dengan fakta yanga ada, dan tidak luput dari kehidupan sehari-hari guna meningkakan mutu penndidikan dari sedini mungkin.

--> competition essay social in action



No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?