berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

Kondisi Desa Cacaban


Desa Cacaban kecamatan Singorojo, merupakan desa pertanian yang berada di kabupaten Kendal. di Desa Cacaban terdapat tiga dusun antara lain dusun Surodadi, dusun Cacaban, dan dusun Sepergi. Setelah penerjunan  tim I KKN – PPM Universitas Diponegoro 14 januari 2013 kondisi desa saat ini antara lain akses jalan menuju desa kurang layak untuk dilalui oleh kendaraan. Jalan aspal rusak dan di musim hujan seperti saat ini jalan menjadi berlumpur dan becek sehingga tidak layak untuk dilalui.

Di Desa Cacaban terdapat satu TK dan satu SD negeri dimana di TK tersebut masih kekurangan tenaga pengajar, tenaga pengajar di TK hanya ada satu guru pengajar yang sekaligus mengajar untuk dua kelas. Kondisi SD juga mengalami kekurangan tenaga pengajar terutama tenaga pengajar untuk mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas 4, 5, dan 6. Sarana dan prasarana ruang kelas di SD kurang memadahi dengan tidak adanya atap yang kuat dan harus disangga dengan kayu di tengah kelas sehingga mengganggu kegiatan belajar mengajar siswa.

Di Desa cacaban terdapat beberapa situs dan tempat wisata yang ada di lahan perhutani, antara lain :
·       sendang biyung sami
sendang biyung sami dipercaya oleh warga bahwasanya dapat digunakan untuk upacara/ acara-acara tertentu seperti pemandian wajib bagi wanita hamil yang 7 bulanan, bagi warga yang punya hajat mantu selalu mengambil air sebagai sarana ritual, untuk memandikan jenazah, untuk kesehatan dll.
·       Batu mushola
Batu ini digunakan untuk kegiatan religi Sepergi, semedi, zikir, sholat sunah.
·       Sendang sekenyes
Tempat ini dipercaya sebagai tempat membersihkan pusaka atau piranti-piranti jawa lainnya yang dilaksanakan tepat pada malam 1 suro dan selalu dilengkapi dengan piranti sesaji yang diperlukan.
·       Punden ki ageng surodadi
Punden ini sering dipakai oleh warga dusun Caban, Sedadi, Sepergi untuk pengajian, tahlil dan zikir bersama.
·       Curug Liseng
Curug ini berada di desa cacaban dan memiliki beberapa keistimewaan yang bisa dilihat dari lokasi curug liseng ini antara lain pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah, asri, dan sejuk.

Namun sangat disayangkan curug yang indah tersebut debit airnya masih kurang maka menjadikan aliran air yang ke curug tidak bisa deras. Sarana dan prasarana ke lokasi situs dan curug pun belum memadahi.
 
reportase minggu pertama by: desa cacaban kecamatan singorojo kabupaten kendal 

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?