berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Tuesday, May 7, 2013

Kakak Terhebat


Taukah kalian, gw ga pernah merasakan menjadi kakak (untuk selanjutnya: kaka). Sampai detik ini,sampai usia gw mencapai kepala 2, tepatnya duapuluh-DUA. Ya, gw adalah anak bungsu dari tiga bersaudara, dan kedua kaka gw itu seorang wanita. Wanita hebat pastinya. Namanya kumo ratih dan tiyas rahma dani.
Ini gw tujukan buat kedua kaka gw tersayang yang berada jauh di karawang dan lampung, sementara gw sekarang berada di kota semarang tercinta.
kaka sama babeh :3

kaka sama adzka


Tulisan gw kali ini ga hanya ngebahas kedua kaka gw aja. Ternyata gw baru sadar ya setelah kehidpuan yang semakin keras ini. Dimana peran kaka itu teramat sangat amat RUARRR BIASAAA penting. Dari hal kecil yang terkadang gw sendiri pun ga sadar kalo mereka (re: kaka) itu sangat berperan, sampai hal besar pastinya yang ternyata dari tangan tangan mereka hidup kita makin berwarna.
para kakak kedungsari
Sepertinya ini buat semua yang ngakunya KAKA HEBAT, mana suaranya???
Ternyata risau dan senangnya para kaka itu sudah ada sejak para adik dilahirkan di dunia. Dari yang berfikiran:
“waduh, gw ada saingannya nih di dunia”
“waaah, gw punya ade???? Oh my God”
“hemmm.. yaah adenya cewe/ cowo”
“yah, nanti ibu/bapa kalo lebih sayang ade gimana?!”
“aseeeek gw punya ade, ada yang bisa diajak berantem”
“asek ade gw cewe/cowo, bisa diajak sharing bla bla bla”
Kurang lebih yaaa seperti itulah tanggapan para kaka. Soalnya gw juga kaga tau rasanya jadi kaka, jadi ya gw tau itu dari hasil percakapan kecil dari para kaka yang ada di sekitar gw. 
kaka biosfer, nenek's house
Hal ini terbesit di kepala gw untuk berbagi cerita tentang perannya para kaka yang ada di dunia, mungkin terkadang engga kita sadari sebelumnya.
Ada banyak contoh yang akan gw bahas disini, bisa jadi kalian para adik atau kaka juga pernah mengalami hal sama dengan apa yang gw tulis. Atau bahkan pengalaman kalian yang gw tulis. Terimakasih wahai kaka hebat :3
Boleh disimak satu persatu....


kakaaaaaa


Ingat, ini berlaku yang mempunyai kaka atau adik. Untuk anak tunggal, semata-wayang ga usah nerusin baca, ya daripada nyesel :P
Waktu gw kecil nih, ceritanya gw lagi main sama kaka gw dan tetangga sepantaran, nah gw ditangisin ato nangisin anak tetangga, biasanya yang kena semprot bapa/ibu ya siapa lagi kalo bukan si kaka, dan disana gw merasa “amaaaan” kaga dimarahin sama bapa/ibu. Hehe

Waktu mau masuk ke SMA dulu, gw inget banget nih kejadian, ceritanya gw kaga diterima di SMA negri yang paling kece di kota tempat gw tinggal. Nah gw galau dong ya. Secara ibu gw selain bikin gw hepi ya bingung nanggepin gw yang rada lebay tersedu-sedu karna hal itu. Karna bapa gw lagi kerja, dan kedua kaka gw sedang kuliah, dan mereka terdampar di kota hujan-bogor, dan satu lagi di kota semarang. Maka dari itu gw hanya bisa menghubungi mereka via telp. Dengan suara ga jelas, cepet-cepet, sesenggukan nagis, dan malah kebanyakan nangisnya daripada ngomongnya. Dan fix membuat kaka gw galau. 
Kenapa galau, karna setelah merepa pulang ke rumah, biasa deh, kita cerita2 yang kemaren2 udah ngapain aja dikamar sambil tidur2an gitu. Dan terkuak lah cerita saat gw telp itu. Dan ternyata, ketika gw telp itu, mereka sedang menempuh ujian akhir semster (UAS). Hoho. Ya meneketehe (awalnya). Trus setelah sekarang gw menjadi mahasiswa, dan berkawan dengan banyak teman yang menjadi para kaka hebat. Inilah rasanya..... adenya ga diterima di sekolah negeri, ditambah lagi UAS, dan bimbanglah para kaka =S dan hebatnya lagi, mereka ga pernah bilang kalo mereka lagi UAS, sibuk skripsi, ato apalah itu.

Ternyata sebelum itu juga, para kaka ketika kita ujian nasional (UN), mereka pun memikirkan kita, lebih galau daripada yang menjalani UN. Entah mengapa. Mereka juga ga pernah bilang sama kita (para ade) kalo mereka khawatir yang berlebih daripada kita yang ujian. Lihat gw yakin, disetiap sujudnya pasti ada nama kita. Yaa walaupun kita ga pernah tau apa yang didoain mereka kalo lagi sujud. Hehe
Lagi. Ketika memilih ekstrakulikuler (ekskul) di sekolah jaman dulu nih, pasti para kaka kasih masukan yang puanjang buanget tentang semuanya. Dari yang capenya, senengnya, serunya, sedihnya ekskul yang bakal kita jalanin ntar-nya. Yaa karena mereka udah ngalamin lebih dulu dari kita. Ya kadang suka bertepuk sebelah tangan sama pendapat yang kita punya. Kita maunya A, dan ternyata menurut si kaka itu kurang baik atau berpotensi kedepannya, tapi tetep kita ambil (contohnya). Yaa emang sih, tiap anak di dalam satu keluarga beda2, tapi apalah gunanya kaka ngomong sampe berbusa, kalo si ade tetep ngeyel (optimis!!-tetap pada pedapatnya-kaya gw gitu) hemmm. Palingan para kaka ya hanya memantau dari kejauhan, dan ngasih masukan positif.
Sharing. Gw dirumah selalu dibiasakan dari jaman orok, selalu menceritakan apa yang telah terjadi “hari ini”. Apapun. Hal kecil sekalipun. Yaaa gw selalu cerita. Engga pernah engga. Kadang, kesandung batu dijalan aja pasti bilang.
Sharing adalah hal yang wajib bagi gw. Ga sama kedua kaka gw aja, sama ibu bapa juga gitu. Tapi disini hanya gw bahas tentang kaka. Ok KAKAK HEBAT saja. Jadi, kalo sama kedua kaka gw, gw selalu terbuka. 
Dari pertemanan, jaman gw sekolah, kebanyakan temen2 main gw pada anak pertama,anak tengah, ada sih anak bungsu, tapi jarang. Jadi karena gw terlalu terbuka sama kedua kaka gw, gw kadang dibilang sok tua dari temen2 gw lainnya. Kadang banyak hal sepele, tapi temen2 gw belom pernah tau, gw udah tau duluan, yaa wajar aja, jarak usia gw sama kaka gw terpaut 8 sama 6 taun. Jauh banget. Jadi pengalaman yang gw dapet pun jauh lebih banyak ketimbang temen2 lain.
Dan engga menutup kemungkinan, manjanya gw itu masih engga bisa ditutupin oleh gaya bahasa yang so tua/dewasa ini. Kebanyakan diberi masukan, kadang untuk mengambil suatu keputusan kadang masih membutuhkan pendapat ato beberapa kepastian. Haha #payah deh# tapi yang jelas, kedua kaka dan hey kalian para kaka di luar sana. Kalian semua sungguh sangat membantu kesuksesan adik-adik kalian. Apalagi yang rada ngegemesin kaya gw gitu :3
Ketika mau masuk ke perguruan tinggi, atau sekolah SMP, atau SMA (atau apa aja deh), pasti orang pertama yang kita cari buat sharing adalah kaka kita.kayanya ga Cuma share aja deh, ngerepotin juga pastinya. Ya kan ya kan?! Ngaku aja deh!
Kalo yang diatas itu, selain gw ngalamin sendiri, ini cerita dari temen2 kostan, temen2 kampus, atau siapa aja yang ketemu di jalan (nah =O) pasti pernah ngerasain deh.
Sekali lagi gw ingatkan, ini berlaku yang mempunyai kaka atau adik. Untuk anak tunggal, semata-wayang ga usah nerusin baca, ya daripada nyesel :P
kakaaa
Lagi..
Kalo lo pengin beli baju atau pengin beli sepatu, pasti nih minta saran dan uang tambahan #eh buat beli. Hehe
Keabisan duit jajan. Siapa lagi selain kaka kita. Yaa ga mungkin kan minta duit tambahan sama kedua orangtua kita (lagi, kesekian kalinya). Kan kaga enak tuh, alias ga berani :P
Uang pulsa, nah ini gw banget >.< kalo keabisan pulsa di tengah cekaknya dompet yang semakin lama, semakin tebel sama uang ribuan dan logaman =____=” jadi, mau ga mau buat nyambung HP biar ga makin jadi bangke, ya minta diisiin sama si kaka deh =D
Berbagi kegalauan ketika menyelesaikan skripsi yang tak kunjung usai.. hueks.
Barang turahan. Nah ini gw banget lagi. Apalagi kedua kaka gw perempuan semua. Misal yah. Baju. Kaka kaka gw itu kalo beli baju pasti kecil, padahal mereka besar -__- jadi ya betapa bahagianya gw ketika itu B)
Kalo di kost nih, karena kaka gw udah terpaut jauh kuliahnya sama jaman gw, dan barang2 kostan itu masih pada ada, jadi dikamar gw itu banyak sekali barang2 yang turahan kaka gw. Jam weker, piring, mangkok, tumbler, tempat tisu, printer, bantal duduk,de el el. hahaa dan sekarang sudah menjadi hak milik gw semua. Yeah!
Berbagi kesenang-susahan bersama para kaka. Apapun itu. Yang pasti walau kita jauh dimata, tetap dekat di hati #eaaaa
Jadi, selain memberikan motivasi, saran, berbagi kesusah-senangan, dan yang paling penting jadi tabungan berjalan ketika sewaktu2 kita jatuh miskin di akhir bulan =D

OK. terimakasih banyak buat para kaka yang sudah membuat para adik menjadi makin semangat hidup, semangat kuliah, semangat makan, semangat galau, semangat pokonya yang berbau semangat deh. makasih banyak ya. saya laras, mewakili para adik-adik kalian yang belum sempat mengucapkan/ gengsi bilang "terimakasih kakaaa". semoga Tuhan memberikan kebahagiaan, kesuksesan, kedamaian, kemandirian, kesederhanaan, kesabaran, dan semoga Tuhan senantiasa mengabulkan doa-doa kecil kalian :) #aamiin

Sekian dari saya,LARAS SATY (sang adik tercantik, terdiam, termanis, tersayang, ter,,,,,,,,,,) 

Jika ada yang kesindir, atau mau nambahin, silahkan post di kolom komentar ya =D

hehe.. salam cinta, kasih, dan damai dari si hitam yang manis :)

Selamat sore para kakak tercinta :*
Cium jauh dari kota semarang yang sedang mendung.....







2 comments:

  1. kurang banyak coy :D
    haha,
    yg anak sulung punya tanggungjawab ngeri ngeri ngeri,
    timbul secara alami, natural di luar keinginannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. ini masih banyak padahal yg belom ketulis nind =D

      amasa nind? :P

      cieee yang anak sulung.. kenalin sama ade gantengya dongs (re: sinung) :P

      Delete

bagaimana menurut kamu?