berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

PENGENALAN TEKNOLOGI KEPADA SISWA SD


            Teknologi merupakan salah satu kebutuhan di zaman yang semakin maju di era globalisasi. Semua bidang kehidupan saat ini mutlak memerlukan teknologi sebagai alat penunjang dan alat bantu dalam menjalankan aktivitas. Ironisnya sebagian besar masyarakat belum mengenali teknologi, walaupun itu merupakan teknologi sederhana yang diperlukan untuk membantu kehidupan sehari – hari.

            Siswa sekolah dasar merupakan salah satu objek pengenalan teknologi sederhana yang efektif. Karena pada usia sekolah dasar perkembangan otak, fisik maupun motorik anak masih dalam keadaan optimal.

            Sebagai salah satu pengenalan teknologi sederhana secara dini di Desa Merbuh, maka diadakan Program Pengenalan Teknologi Sederhana Kepada Siswa Sekolah Dasar. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi sederhana kepada siswa. Program ini dilakukan di 2 sekolah dasar yang ada di desa Merbuh yaitu SD Negeri I Merbuh dan SD Negeri 2 Merbuh dengan jumlah peserta sekitar 120 siswa dari 2 SD dengan masing – masing SD berasal dari 2 kelas yaitu kelas IV dan V.

            Program ini dilakukan setelah jam sekolah antara pukul 13.00 – 14.00 dalam jangka waktu 5 hari sekolah. Beberapa program pengenalan ini antara lain pengenalan teknologi gambar menggunakan software paint, metode pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan video, praktikum listrik sederhana, praktikum magnet sederhana dan hukum archimedes menggunakan telur sebagai media praktikum. Siswa – siswi SD Negeri 1 Merbuh dan SD Negeri 2 Merbuh sangat antusias dalam mengikuti program ini. Hal ini terlihat dengan keaktifan seluruh siswa dalam setiap kegiatan. Dari pihak sekolah sendiri merespon positif semua kegiatan pengenalan teknologi kepada sekolahnya, menurut mereka hal ini sedikit memberi  penyegaraan dan pengetahuan tentang teknologi sederhana bagi siswa.
 

reportase minggu kedua by: desa merbuh kecamatan singorojo kabupaten kendal

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?