berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

FENOMENA HUJAN ES



Selasa 29 januari, desa Cacaban kecamatan Singorojo Kendal terjadi fenomena hujan es. Hujan es yang berlangsung selama 10 menit tersebut sempat membuat warga desa cacaban panik dan keluar rumah untuk melihat fenomena alam tersebut. Hujan yang terjadi pada pukul 14.00 awalnya hanya hujan seperti biasa, lalu tiba-tiba terdengar suara rintik air semakin keras yang ternyata hujan air bercampur es. Bongkahan es yang jatuh bersama air hujan hanya sebesar biji buah sawo, tetapi cukup membuat warga desa cacaban panik.


Hujan es, dalam ilmu meteorologi disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat dingin di atmosfer pada lapisan di atas freezing level. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. Karena ukurannya, walaupun turun ke arah suhu yang lebih hangat tidak semuanya mencair. Hujan es biasanya terjadi di daerah ekuator.

Negara indonesia terletak di 6º LU - 11º LS dan 111º BT - 144º BT, itu berarti indonesia masuk di daerah ekuator dan berpotensi terjadi hujan es. Proses lain yang menyebabkan hujan es adalah riming, dimana uap air tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang mendadak maka terjadilah es dengan ukuran besar. Hujan es berasal dari awan cumulo nimbus yang berada dekat dengan permukaan bumi. Hujan es terjadi sangat singkat berkisar antara 3 – 5 menit atau bisa juga 10 menit. Peristiwa ini hanya bersifat lokal dan tidak merata.

reportase minggu ketiga by: desa cacaban kecamatan singorojo kabupaten kendal

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?