berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

KISKENDO, Goa Eksotis yang Terlupakan



TRAYU - KABUPATEN KENDAL 19/1/2013. Bertempat di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal terdapat goa yang bernama Goa Kiskendo. Goa yang masih asri nan indah tanpa tersentuh tangan-tangan jahil. Untuk akses jalan menuju goa sangatlah mudah, 15 kilometer ke arah selatan dari kota Kendal melalui Kaliwungu, ataupun 7 kilometer dari arah Boja. Pengunjung dapat mengendarai sepeda motor maupun mobil yang sarana jalanya dapat dijangkau dengan mudah.
Dengan membayar tiket plus parkir seharga Rp. 5000,- pengunjung dapat menikmati keindahan panorama Goa Kiskendo. Kelebihan dari Goa Kiskendo tersebut antara lain terdapat susunan batu gamping yang masih alami, seperti stalagtit (batu gamping yang terbentuk kerucut dari bawah dinding goa), dan stalagmit (batu gamping yang terbentuk di langit-langit dinding goa). Lebih kedalam lagi pengunjung dapat menikmati kekaguman goa yang mengucurkan anak aliran sungai dari perut bumi. Selain Goa Kiskendo, disana juga terdapat beberapa Goa kecil seperti, Goa Lawang, Goa Pertapen, Goa Talagan, Goa Kempul dan Goa Kampret.   `

Adapun jenis keanekaragaman hayati yang ada di goa tersebut diantaranya yaitu kelelawar dan burung kepodang. Goa Kiskendo pun sering digunakan sebagai area berkemah oleh siswa-siswa maupun para pecinta alam. Bila musim buah sedang tiba, pengunjung dapat menjajal buah musiman di daerah tersebut yakni, buah durian dan rambutan.

            Untuk saat ini, para pengunjung yang datang sangat jarang keberadaannya. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan promosi dari pemerintah dan pihak instansi terkait, sehingga pelestarian goa menjadi kurang terurus.  (Dikutip dari berbagai sumber)

reportase minggu pertama by: desa trayu kecamatan singorojo kabupaten kendal

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?