berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

Minggu Kesehatan


Setelah menjalani upacara pelepasan pada tanggal 14 Januari 2013 di Widya Puraya dan 15 Januari 2013 di Kantor Kecamatan Singorojo tim 1 KKN PPM Desa Getas sudah siap melaksanakan pengabdian di Desa Getas. Dengan ramahnya warga Desa Getas Kami diterima dengan sangat antusias dan penuh kebanggaan akan membawa pengabdian yang positif bagi kemajuaan Desa Getas. Pada Tanggal 17 Agustus Kami diperkenalkan kepada perangkat desa oleh Kepala Desa di Balai Desa dengan agenda Silahturahmi dan Perkenalan sekaligus membahas Agenda Program pengabdian pada minggu ini. 


Dengan Kondisi Desa Getas yang warganya minim akan pengetahuan dan pentingnya kesehatan maka Tim 1 KKN PPM Desa Getas memilih minggu pertama KKN PPM sebagai “Minggu Kesehatan”. Program Kami adalah melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan diri dan lingkungan kepada usia dini dengan target siswa SD kelas 1 dan 2, lalu Sekolah yang kami jadikan sasaran kesehatan yaitu SD 2 dan 4 Getas dilakukan pada tanggal 18 dan 19 Januari 2013. 

Kesehatan diri menyangkut dengan pentingnya menggosok gigi secara teratur serta memberikan demo cara menggosok gigi yang benar . Untuk kesehatan lingkungan sama memberikan pengetahuan tentang kesehatan lingkungan serta pemberian tempat sampah sebagai cikal bakal kawasan yang bersih untuk membuang sampah. Pada saat penyuluhan ini kami kemas secara visual yaitu melalui video kesehatan serta praktek. Di SD 2 Getas antusiasme siswanya sangatlah tinggi terlihat dari undangan dari kelas 1 dan 2 tetapi ada tambahan tamu yaitu kelas 3. Sedangkan di SD 4 Getas antusiasmenya lebih menggila lagi tidak hanya kelas 3 tetapi kelas 4 dan 6 turut berpartisipasi mengikuti kegiatan ini. 

Awalnya kami sempat bingung karena jumlah sikat gigi yang dibagikan tidak cukup karena melebihi target awal, tetapi dengan kompaknya tim 1 KKN PPM Desa Getas semua itu teratasi dengan lancar. Kami sangat senang melihat ekspresi dari siswa SD tersebut saat tertawa dan bersenang – senang saat kami putarkan video kesehatan dan sekedar menerima hadiah saat diadakan kuis – kuis kecil dikelas. Saat melakukan praktek menggosok gigi tak kurun canda tawa disertai saat demo ini, tawa polos para siswa SD membuat kami semakin bersemangat menjalankan kegiatan ini sekaligus kegiatan berikutnya di Desa Getas. 
Akhir dari demo menggosok gigi kami melakukan foto bersama sebagai kenang – kenangan pribadi antara siswa SD 2 dan 4 Getas dengan Tim 1 KKN PPM. Akhir acara yaitu pemberian tempat sampah sebagai tanda peduli akan kebersihan lingkungan kepada Kepala Sekolah SD 2 Pak Warsito dan Kepala Sekolah SD 4 Pak Mugiono. Lalu “Tidak ada kegiatan seperti ini saat KKN dari Universitas Lain” ujar Pak Warsito membuat kami bangga akan tindakkan melakukan Kegiatan Minggu Kesehatan di Desa Getas. Sekian laporan minggu pertama dari hasil kegiatan Tim 1 KKN PPM Desa Getas dan selalu nantikan aksi kami berikutnya karena “Semua Pasti Teratasi”


reportase minggu pertama by: desa getas kecamatan singorojo kabupaten kendal

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?