berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

UMKM (Uang Meningkat Kantong Maknyus)


Desa Getas merupakan desa terbesar di kecamatan Singorojo, kabupaten Kendal, dengan jumlah dukuh terbanyak serta masyarakat yang rukun dan ramah. Sebagian besar mata pencaharian warga desa Getas adalah sebagai petani, peternak, dan wirausaha skala rumah tangga. Sebagian waktu masyarakat Desa Getas dihabiskan di ladang sehingga usaha-usaha yang dilakukan di sekitar masyarakat Desa Getas kurang dapat berkembang secara maksimal. 


Pada hari Rabu tanggal 30 Januari 2013 diadakan penyuluhan mengenai wirausaha yang bertempat di SD Getas 2. Acara dimulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Mengingat banyak warga yang mempunyai usaha kecil skala rumah tangga, acara ini mampu menarik antusias warga untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan usaha-usaha mereka. Bapak Idris, SE, M. Si selaku pembicara dengan penyampaian materi wirausaha. Usaha-usaha yang dimiliki warga Getas kebanyakan memanfaatkan potensi alam diantaranya pembuatan keripik pisang, gula aren, dan lain-lain.

Salah satu upaya untuk mengurangi kesulitan para warga dalam mengembangkan wirusaha yang dimiliki warga. Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumberdaya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup. Kata kunci dari kewirausahaan adalah kreatif dan inovatif. Para warga sangat antusias dalam mengikuti acara ini dengan banyak mengajukan berbagai pertanyaan yang berhubungan dangan materi wirausaha diantaranya adalah bagaimana menerapkan inovasi dalam kegiatan sehari-hari. Inovasi dalam kegiatan sehari-hari adalah singkirkan hal-hal yang tidak produktif, hadapi perubahan, rencanakan masa depan, lakukan sekarang juga dan evaluasi ulang inovasi-inovasi yang sudah dilakukan.

 reportase minggu ketiga by: desa getas kecamatan singorojo kabupaten kendal

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?