berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

Ternak Sehat,Warga Bahagia


Desa Getas merupakan desa terbesar di kecamatan Singorojo, kabupaten Kendal, dengan jumlah dukuh terbanyak serta masyarakat yang rukun dan ramah. Sebagian besar mata pencaharian warga desa Getas adalah sebagai petani, peternak, dan petani karet. Banyak warga yang berpartisipasi dalam olahraga voli di lapangan setiap sore hari dan dilaksanakan pula kerja bakti untuk menjaga kerukunan antar warga. Menjelang hari Maulid Nabi tanggal 24 Januari 2013, setiap malam para warga melakukan pengajian di rumah- rumah warga secara bergilir.

Pada hari Selasa tanggal 22 Januari 2013 diadakan acara penyuluhan mengenai fermentasi pakan ternak yang bertempat di Balai Desa Getas. Acara dimulai dari pukul 9 hingga 14.00. Mengingat banyak warga yang berprofesi sebagai peternak baik kambing maupun sapi, acara ini mampu menarik antusias warga, terutama para kelompok tani dari setiap dukuh di desa Getas. Bapak Sumarsono selaku Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) kecamatan Singorojo, memberikan penyuluhan langsung tentang fermentasi pakan ternak. Sebagian warga setiap harinya disibukan dengan aktivitas mencari rumput segar yang notabene tidak efektif karena menghabiskan tenaga,waktu, serta hanya tahan beberapa hari untuk pakan.

Salah satu upaya untuk mengurangi kesulitan para warga dalam mencari rumput serta untuk meningkatkan kualitas ternak adalah dengan pembuatan pakan ternak melalui fermentasi. Bahan yang dapat diolah sebagai pakan diantaranya rumput, jerami, dedaunan, dan limbah pertanian lainnya, kemudian dicacah halus. Selain itu dibutuhkan pula bekatul, molases, EM4, mineral, air. dan garam. Semua bahan dicampur kemudian dimasukkan ke dalam tong dan dipadatkan untuk mencegah masuknya udara kemudian ditutup rapat. Hasil baru dapat digunakan setelah 4 sampai 7 hari. Keuntungan dari pakan secara fermentasi ini adalah dapat meningkatkan kualitas ternak sebagai penggemukan serta mengurangi bau dari kotoran dan urine ternak.
 
Para warga tampak sangat antusias dalam mengikuti acara ini dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan materi fermentasi pakan ternak. Melalui praktek secara langsung diharapkan warga akan lebih mengerti dan memahami materi yang disampaikan. Selain itu, setiap kelompok tani akan diberikan materi berupa modul yang dikoordinir melalui Kepala Desa Getas. Dari acara ini diharapkan para kelompok tani dapat menyebarkan ilmu tersebut kepada warga peternak lainnya sehingga dapat terwujud peternakan di desa Getas yang lebih baik kedepannya, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Sehat Itu Segalanya

Dukuh Sekelotok, merupakan dukuh terbesar di desa Getas sekaligus merupakan dukuh yang paling jauh sehingga sulit diakses karena kondisi jalannya yang sulit dilalui. Sebagian besar warga dukuh Sekelotok berprofesi sebagai petani. Pada hari Rabu tanggal 23 Januari 2013, mahasiswa KKN PPM Tim 1 Undip mengadakan acara penyuluhan tentang keselamatan kerja yang bertempat di salah satu rumah warga dukuh Sekelotok. Antusias para warga terhadap acara ini sangatlah tinggi mengingat selama ini memang banyak terjadi kecelakaan kerja dan kurangnya pengetahuan warga tentang pertolongan pertama pada kecelakaan.

Dalam acara ini, dihadirkan pembicara Andi Ayu Okto R., mahasiswa Ilmu Kerawatan Undip angkatan 2009. Acara dibuka oleh sambutan dari Koordinator Mahasiswa KKN Desa Getas dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dukuh Sekelotok. Dalam acara yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut, dipaparkan jenis-jenis kecelakaan kerja serta cara penanganannya. Contoh-contoh kecelakaan kerja dan penyakit yang sering terjadi pada warga antara lain keseleo, patah tulang, digigit ular atau kelabang, penyakit asam urat, diabetes, amandel, kejang, flu, darah tinggi dan lain-lain. Selain diberikan materi secara lisan, diberikan pula simulasi berupa praktek langsung yang melibatkan warga sehingga diharapkan warga menjadi lebih mengerti dan memahami materi yang disampaikan. Dari acara tersebut diharapkan tingkat kecelakaan kerja dapat diminimalisir serta dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di dukuh Sekelotok. 

reportase minggu kedua by: desa getas kecamatan singorojo kabupaten kendal

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?