berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

PIHAK PUSKESMAS TELAT, WARGA MENGELUH



 Foto: Karina, mahasiswi Tim 1 KKN UNDIP 2012/2013 sedang mengurusi pemberian JAMKESMAS yang sedang terjadi kekacauan akibat telatnya pihak puskesmas di Balai Desa Kaliputih, Singorojo, Kendal.

Hari rabu (23/1/2012) balai desa kaliputih seketika ramai mendadak. Ratusan orang dari dusun-dusun di desa kaliputih berdatangan untuk mengambil kartu jaminan kesehatan masyarakat (JAMKESMAS) yang akan diberikan oleh pihak puskesmas kecamatan singorojo. Rencananya, kegiatan pemberian jamkesmas akan dimulai pukul 08.30 pagi.namun, sejak pukul 08.00 tidak ada tanda-tanda kedatangan pihak puskesmas, melainkan para penduduk yang berdatangan satu demi satu ke balai desa. Pukul 08.15, ibu Dewi selaku bidan desa Kaliputih lebih dahulu datang dan membawa beberapa kartu jamkesmas untuk Kaliputih. 


Kegiatan pemberian JAMKESMAS di kaliputih ini meliputi beberapa dusun, yaitu dusun kaliputih, dusun slento, dan dusun plandaan. Hingga pukul 09.30, pihak puskesmas belum juga datang di Balai Desa Kaliputih. Para penduduk yang mayoritas dari dusun slento dan plandaan ini mengeluh dengan adanya keterlambatan ini. Hal ini dikarenakan mereka belum menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan meninggalkannya untuk segera menuju balai desa dengan harapan pemberian jamkesmas dilaksanakan tepat waktu, agar tidak terjadi antrian yang panjang. 

Akan tetapi, faktanya, pihak puskesmas dari kecamatan singorojo baru dapat memberikan JAMKESMAS pada pukul 10.15, sehingga terjadi kekacauan pada saat mengantri. Para ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan lansia pun berebut untuk mendapatkan JAMKESMAS. Tim 1 KKN UNDIP 2012/2013 juga mengaku kewalahan dikarenakan tebatasnya ruangan dan masyarakat yang ramai mengantri, mengakibatkan sulitnya untuk koordinasi. Pada akhirnya, proses pemberian JAMKESMAS berjalan dengan baik dan lancar. Diharapkan untuk pemberian berikutnya, pihak puskesmas kecamatan singorojo dapat datang tepat waktu untuk mengatasi terjadinya hal yang sama untuk kedua kalinya. (satrio)

reportase minggu kedua by: desa kaliputih kecamatan singorojo kabupaten kendal

No comments:

Post a Comment

bagaimana menurut kamu?