berapa berapa berapa

TERIMA KASIH

selamat datang....
komentarnya di isi ya....
join juga, biar makin seru...

Thursday, March 7, 2013

Tentang Kalirejo


-Antara Cacaban dan Ngareanak
            Desa Kalirejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal yang terletak di wilayah Selatan berbatasan dengan Temanggung dengan batas desa sebagai berikut :
·       Utara   :           Desa Cacaban
·       Timur  :           Desa Ngareanak
·       Selatan:           Desa Ngareanak
·       Barat   :           Desa Cacaban

Desa Kalirejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal yang terletak di bagian selatan Kabupaten Kendal. Dengan geografis pegunungan dan perbukitan, luas wilayah Desa Kalirejo 836,226 Ha. Sebagian besar wilayah terdiri dari tegalan dan tanah kering. Jumlah penduduk saat ini ada 2388 jiwa.

-Dusun di Kalirejo Ketika Itu (Sejarah Desa)
Desa Kalirejo terdiri dari 4 Dusun yaitu:
1.     Dusun Glompong
2.     Dusun Kaligedang
3.     Dusun Surak
4.     Dusun Kalipuru

Pada jaman dahulu kala ada seorang pengembara yang sedang singgah di desa ini, sesampainya di Dusun Glompong yang pada saat itu belum ada namanya, pengembara tersebut minta air minum. Karena tidak kunjung diberi lalu pengembara tadi berkata “Saya minta airnya lagi”. Tapi yang punya rumah justru bengong[dlongop] maka pengembara itu berkata “Besok kalau jaman sudah maju maka wilayah ini dinamakan Glompong”.






Sebagai akibat dari warga yang tidak memberi air pada pengembara itu maka Dusun Glompong sulit untuk mendapatkan bersih dan harus minta ke dusun lain yaitu Dusun Kalipuru.



Setelah pengembara ini tidak diberi air di Glompong maka dia meneruskan perjalanan ke utara, sesampainya di dusun Kaligedang yang saat itu belum ada namanya. Pengembara minta air pada warga, berbeda dengan di Glompong di Kaligedang pengembara tersebut diberi air sepuasnya untuk minum.



Kemudian pengembara itu berkata “Orang sini baik karena memberi air yang saya minta”, lalu pengembara berjalan ke arah pohon pisang, entah apa yang terjadi dan apa yang dikatakan pengembara di bawah pohon pisang keluar air dan pada saat ini Kaligedang tidak pernah kekurangan air.

Karena banyak air yang keluar dari bawah pohon pisang maka dusun tersebut dinamakan Kaligedang[kali berarti sungai, gedang berarti pisang].

Setelah dari Kaligedang pengembara tersebut berjalan menuju ke arah barat. Sesampainya di Dusun Surak saat itu belum ada namanya dan berpenduduk sangat sedikit, pada saat pengembara dating banyak warga yang sedang berteriak/meneriakan sesuatu[bahasa jawa surak-surak] lalu pengembara tadi berkata “Besok kalau jaman ini sudah maju maka wilayah ini diberi nama Surak, karena banyak orang yang berteriak”. Sampai saat inipun jumlah penduduk Dusun Surak sangat sedikit dibandingkan dengan dusun lain.




Dusun Kalipuru merupakan Dusun kerajaan, pada saat itu di dusun ini pula sebuah sungai airnya dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, di dusun ini pula banyak terdapat sumber air yang digunakan warga termasuk warga Glompong yang sulit air bersih. Nama Dusun Kalipuru diambil dari nama sungai Puru saat itu sangat sakral maka dusun tersebut diberi nama Dusun Kalipuru[kali berarti sungai yang ada di desa tersebut]


 
Setelah jaman sebelum kemerdekaan Kalipuru merupakan pusat pemerintahan Desa Kalirejo, sedangkan Kalirejo sendiri diambil dari nama kali yang membuat masyarakatnya makmur maka diberi nama Kalirejo sampai sekarang dengan tujuan agar warga dan masyarakat yang ada di Desa Kalirejo makmur[kali artinya sungai, rejo artinya makmur].

reportase minggu kedua by: desa kalirejo kecamatan singorojo kabupaten kendal

6 comments:

  1. tau dari mana asal usul nama glompong..? sy aja yg lahir di glompong g tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan cerita dari orang daerah sana pak..
      yang kami dapatkan, cerita rakyatnya seperti ini..
      mohon di koreksi jika ada kesalahan..

      Delete
  2. Di iyoni waelah ben atine seneng,, wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. iya pak, bagaimana pak ceritanya?
      boleh berbagi di sini pak..

      Delete

bagaimana menurut kamu?